get app
inews
Aa Read Next : Golkar Final Serahkan B1KWK ke 11 Cakada NTB 2024

Pengamat Sebut Kans Iqbal Maju Cagub NTB 2024 Masih Terbuka, 3 Paslon Mungkin Terwujud di Pilkada

Rabu, 19 Juni 2024 | 09:50 WIB
header img
Pengamat Politik yang juga Dosen Ilmu Politik dan Komunikasi di Universitas 45 Mataram Doktor Alfisahrin. dok Pribadi

LOMBOK, iNewsLombok.id - Pengamat Politik yang juga  Dosen Ilmu Politik dan Komunikasi di Universitas 45 Mataram Doktor Alfisahrin melihat bahwa kans Mantan Duta Besar (Dubes) Turki Lalu Muhammad Iqbal masih terbuka mendapat kendaraan maju jadi Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub NTB 2024 jika memaksimalkan kemampuan yang dimilikinya. Sebab sampai dengan limit waktu dua bulan ini belum juga mendapatkan kejelasan tentang partai politik maupun pasangan yang akan mendapinginya.

Peluang tiga pasangan sangat kecil kemungkinan, dan lebih realistis head to head bisa terjadi antara Rohmi-Firin dan Zul-Uhel jika Pj Gubernur Gita Ariadi dan Lalu Muhammad Iqbal gagal mendapat kendaraan Golkar. Tetapi hal ini menurut Doktor Alfi tidak akan terwujud jika Lalu Iqbal bisa bekerja lebih keras menyakinkan partai pengusung dan koalisi partainya.

Kalau dilihat dari fase dan tahapan pemilu memang Miq Iqbal sedikit terlambat dalam membangun konsolidasi terutama lobi Lobi untuk partai pengusung. Hal ini terlihat dari simpang siur informasi partai politik mana yang akan mengusung beliau termasuk partai Gerindra yg digadang-gadang mengusung beliau tapi sampai saat ini kepastiannya belum ada.

"Akan tetapi meski deadline tahapan pemilu tinggal beberapa bulan  lagi, saya percaya bahwa dalam politik yang dinamis dan spekulatif peluang Miq Ikbal untuk mendapatkan rekomendasi partai di sisa limit  waktu akan terbuka lebar,"ungkapnya.

Salah satu yang disayaratkan Alfi yakni harus punya wakil yang syaratnya  yang punya keunikan.

"Syarat wakilnya harus calon yang iconik, memiliki basis massa yang kuat dan popularitas yang tinggi. Demikian juga kapasitas dan kemampuan diplomasi dan meyakinkan parpol harus memang mumpuni dimiliki miq Iqbal. Kalau tidak Miq Iqbal akan ketinggalan partai pengusung dan gerbong pendukungnya,"tegasnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut