get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu: 400 Laporan Dugaan Netralitas ASN di Pilkada, Faktor Kedekatan Kepala Daerah dengan ASN

Bawaslu Kota Bima Gandeng Kemenag di Pemilu: Awasi Politisasi Sara, Informasi Hoax dan Politik Uang

Minggu, 04 Agustus 2024 | 09:34 WIB
header img
Bawaslu Kota Bima Gandeng Kemenag di Pemilu: Awasi Politisasi Sara, Informasi Hoax dan Politik Uang.ist

Kordiv HP2H Bawaslu Kota Bima Idhar menegaskan, dalam MoU Bawaslu dengan Kemenag tersebut menuangkan beberapa poin penting, yakni pertukaran data dan atau informasi yang berkembang di masyarakat atau lingkungan Kemenag Kota Bima. 

Kemudian, memberikan materi terkait bahaya politik uang dan politisasi SARA kepada KUA, Penyuluh Agama, Da'i dan ustadz untuk disampaikan kepada jamaah atau masyarakat. 

"Termasuk memberikan khutbah terkait anti dan tolak politik uang, mengawasi netralitas ASN di lingkungan Kemenag dan kegiatan lain yang dua lembaga ini kembangkan ke depannya," ungkap Idhar. 

Koordinator PP Bawaslu, Khairul Amar mengungkapkan, meskipun Bawaslu memiliki kewenangan dalam melakukan penindakan terhadap pelanggaran Pemilihan, namun Bawaslu Kota Bima tetap mengedepankan upaya-upaya pencegahan. 

"Satu di antaranya, dengan menggandeng semua pihak untuk ikut serta secara langsung mengawasi pelaksanaan Pemilihan tahun 2024 ini," ungkap Amar. 

Diharapkan, dengan adanya keterlibatan seluruh pihak maka tidak ada pelanggaran baik itu netralitas, pidana, maupun administrasi yang ditangani oleh Bawaslu Kota Bima, tapi pelaksanaan Pemilu berjalan aman, damai dan berintegritas dengan pencegahan yang dilakukan secara bersama-sama. 

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut