get app
inews
Aa Read Next : HBK Dorong Terwujudnya Program Food Estate di Pulau Lombok

Produksi 80 ribu Ton Ikan Setahun, Pelabuhan Nusantara Teluk Awang Cikal Bakal Food Estate di Lombok

Senin, 23 Januari 2023 | 14:48 WIB
header img
Produksi 80 ribu Ton Ikan Setahun, Pelabuhan Nusantara Teluk Awang Cikal Bakal Food Estate di Lombok. iNewsLombok.id/purnawarman

MATARAM, iNewsLombok.id - Pulau Lombok memiliki potensi perikanan dan kalautan yang menjanjikan yakni minopolitan teluk Awang di Lombok Tengah yang dilengkapi pelabuhan perikanan nusantara teluk awang yang produksi ikannya mencapai 80 ribu ton per tahun dengan ditopang beroperasinya secara harian kapal-kapal tangkap dengan kapasitas 100 GT yang mencapai 100 unit.

Anggota DPR RI dari Dapil NTB 2 pulau Lombok, H. Bambang Kristiono, SE (HBK) menyebut dengan adanya potensi ini untuk mewujudkan Food Estate kelautan dan perikanan, NTB, sesungguhnya telah memiliki modal awal yang cukup kuat. Cikal bakal dan infrastruktur mendasar untuk mewujudkan Food Estate tersebut, sebetulnya sudah ada atau tersedia.

"Di Pulau Lombok saat ini, misalnya, sudah terdapat beberapa kawasan Minapolitan, sebuah kawasan pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan terintegrasi. Kawasan Minapolitan itu antara lain terdapat di Teluk Awang, Kab. Lombok Tengah dan juga di kawasan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat,"

Kawasan-kawasan minapolitan tersebut selama ini dikenal sebagai kawasan yang kehidupan ekonomi masyarakatnya ditopang dan digerakkan oleh potensi-potensi sektor perikanan dan kelautan.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut