Logo Network
Network

Manusia Mahluk Tak Pernah Puas Kekayaan, Harta Sejati Adalah Hati yang Selalu Merasa Cukup

Vitrianda Hilba Siregar
.
Selasa, 10 Mei 2022 | 15:51 WIB
Manusia Mahluk Tak Pernah Puas Kekayaan, Harta Sejati Adalah Hati yang Selalu Merasa Cukup
Mahluk yang tidak pernah puas dengan harta kekayaan, jabatan dan kedudukan adalah manusia. (Foto: Freepik)

MAHLUK yang tidak pernah puas dengan harta kekayaan, jabatan dan kedudukan adalah manusia.Hal ini bukan sekadar ucapan belaka namun tegas dinyatakan dalam sejumlah dalil, bahwa manusia memang mempunyai sifat seperti itu. 

Dalil ini tidak perlu dibantah, justru sebaliknya menjadi bahan untuk merenung.

Berikut dalil-dalil yang menyatakan manusia mahluk yang tidak pernah puasa dengan harta.

Pertama:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

« تَعِسَ عَبْدُ الدِّينَارِ وَالدِّرْهَمِ وَالْقَطِيفَةِ وَالْخَمِيصَةِ ، إِنْ أُعْطِىَ رَضِىَ ، وَإِنْ لَمْ يُعْطَ لَمْ يَرْضَ »

“Celakalah hamba dinar, hamba dirham, hamba pakaian dan hamba mode. Jika diberi, ia ridho. Namun jika tidak diberi, ia pun tidak ridho”. (HR. Bukhari no. 6435)

Kedua:

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dikutip laman Rumahsyo menyebutkan, dari Ibnu ‘Abbas, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

لَوْ كَانَ لاِبْنِ آدَمَ وَادِيَانِ مِنْ مَالٍ لاَبْتَغَى ثَالِثًا ، وَلاَ يَمْلأُ جَوْفَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ

“Seandainya manusia diberi dua lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan lembah yang ketiga. Yang bisa memenuhi dalam perut manusia hanyalah tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6436)

Ketiga:

Dari Ibnu ‘Abbas, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

لَوْ أَنَّ لاِبْنِ آدَمَ مِثْلَ وَادٍ مَالاً لأَحَبَّ أَنَّ لَهُ إِلَيْهِ مِثْلَهُ ، وَلاَ يَمْلأُ عَيْنَ ابْنِ آدَمَ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ

“Seandainya manusia memiliki lembah berisi harta, tentu ia masih menginginkan harta yang banyak semisal itu pula. Mata manusia barulah penuh jika diisi dengan tanah. Allah tentu akan menerima taubat bagi siapa saja yang ingin bertaubat.” (HR. Bukhari no. 6437).

Follow Berita iNews Lombok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.