get app
inews
Aa Read Next : Uhel Lamar Asrul jadi Wakil di Pilgub NTB

3 Jenis Mimpi Menurut Islam, Nomor 3 Sangat Diharapkan Hadir

Kamis, 28 April 2022 | 14:52 WIB
header img
MIMPI tidur setiap manusia pasti pernah mengalaminya bisa hal yang menyenangkan, menakutkan, atau mungkin mengalami kejadian aneh. (Foto: Dok/Ilustrasi)

Berdasarkan dari dua hadis tersebut, maka para ulama membagi mimpi menjadi tiga macam. Berikut penjelasan Ustadz Khalid Basalamah mengenai macam-macam mimpi tersebut, sebagaimana dirangkum dari kanal YouTube Penuntut Ilmu, Selasa (19/10/2021).

1. Mimpi buruk dari setan

 

Mimpi buruk yang menakutkan dan menyedihkan bersumber dari setan. Mimpi ini sebaiknya tidak perlu diceritakan atau ditafsirkan.

"Semua yang membuat Anda sedih, membuat Anda gelisah, tidak usah diceritakan, tutup mulut saja," jelas Ustadz Khalid Basalamah.

Sebagaimana riwayat dari Jabir mengisahkan seorang lelaki yang bertanya kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tentang mimpinya semalam.

"Ya Rasulullah, aku mimpi melihat kepalaku dipenggal. Lalu kemudian kepalaku menggelinding dengan cepat dan aku berusaha mengejarnya untuk memegangnya. Apa yang dimaksud dengan itu ya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam?"

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun tertawa, seraya bersabda, "Apabila setan mempermainkan salah seorang dari kalian di dalam tidurnya, maka janganlah dia menceritakannya kepada orang lain." (HR Muslim)

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pernah mengatakan, "Apabila kalian bermimpi buruk, hendaklah meludah ke sebelah kiri tiga kali dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan dan dampak buruk mimpi tersebut. Serta, jangan menceritakan mimpi tersebut kepada siapa pun. Maka mimpi itu tidak akan memberi dampak buruk kepadanya." (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu, jika bermimpi buruk lakukan tiga hal ini, yaitu membaca isti'adzah, meludah ke sebelah kiri tiga kali, dan tidak menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain. Sehingga, dampak buruk mimpi ini tidak akan mengganggu.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut