get app
inews
Aa Read Next : Beredar Foto Pj Gubernur Miq Gite Bertemu Zulkifli Hasan Jelang Pilgub NTB 2024, Ini Penjelasan PAN

Laut di Bima Tercemar Limbah Diduga dari Pertamina, WALHI NTB Desak Pemerintah Segera Bertindak

Rabu, 27 April 2022 | 17:49 WIB
header img
Penampakan laut di Bima Tercemar (dok.istimewa)

Meskipun baunya belum menyengat, pemerintah, kata dia, seharusnya segera melakukan tindakan dan upaya cepat. "Sembari melakukan uji lab, pemerintah dan pihak pertamina seharusnya segera melakukan upaya kongkrit langsung untuk penyelamatan lingkungan yang sudah tercemar," jelasnya. 

 

Ditegaskannya, seharusnya Pemerintah belajar dari kasus yang serupa yang terjadi tahun 2020 kemarin. Tumpahan minyak terjadi di perairan laut Pelabuhan Bima hingga ke Kelurahan Kolo Kota Bima, pada saat pembongkaran Minyak Marine Fuel Oil (MFO) atau minyak hitam oleh Pelindo III Bima, Nusa Tenggara Barat. 

 

"Peristiwa tersebut terjadi kan karena pihak pertamina yang tidak menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dalam bongkar-muat minyak di pelabuhan," tudingnya. 

 

Dari kasus itu, kata dia, bahwa pihak Pertamina telah teledor dan mengabaikan dampak yang akan ditimbulkan jika terjadi kebocoran dan hal serupa lainnya. 

 

"Demikian juga dengan pemerintah yang masih tidak menunjukkan sikap tegas atas keteledoran tersebut dan tidak melakukan tindakan konkret langsung sebagai upaya untuk pencegahan dampak yang lebih besar dan luas selanjutnya," ungkap Amri. 

Editor : Dewi Ayu Tri Anjani

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut