get app
inews
Aa Read Next : Debat Perdana Pilwalkot Mataram, Solusi AQUR Atasi Peredaran Narkoba di Kalangan Pelajar

Pengamat Sebut Peluang AQUR Tumbangkan HARUM Sangat Terbuka di Pilkada, Ini Kuncinya

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 09:56 WIB
header img
Pengamat Politik dari UIN Mataram Dr Ihsan Hamid.dok

"Jika mereka berkolaborasi maksimal, bisa menjadi ancaman serius bagi incumbent untk ditumbangkan,"paparnya.

"Pengusung AQUR juga partai yang militan, lanjutnya.

Dengan kondisi yang ada, Ihsan percaya bahwa peluang HARUM untuk dikalahkan sangat terbuka. 

"Kita tidak bisa menganggap Pilkada Kota ini sudah selesai sebelum pencoblosan dan hasil perhitungan suara terlihat siapa yang menang dan siapa yang kalah,"katanya menambahkan.

Ihsan menjelaskan, sebelum pendaftaran, banyak yang memperkirakan Pilkada Kota Mataram 2024 akan diisi oleh calon tunggal, tetapi ternyata ada lawan yang berani menantang incumbent. 

"Tapi faktanya tidak, ada lawan serius yang berani muncul melawan incumbent,"tegasnya.

Ihsan menyebut, munculnya dua pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Kota Mataram 2024, AQUR dan HARUM, memberikan sinyal positif tentang keseimbangan pilihan publik.

Ihsan menekankan bahwa kekuatan incumbent memang tidak bisa dianggap remeh, apalagi masih berpasangan dengan wakil yang sama. Namun, Paslon AQUR juga hadir menunjukkan keyakinan mereka untuk bersaing dan memiliki keyakinan untuk menang.

"Dari situ saja kita bisa melihat bahwa mereka bukan calon boneka, bagi saya, AQUR calon yang memang serius maju untuk ambil bagian dalam memberikan pilihan bagi masyarakat pemilih di kota Mataram dan bertekad menang" ungkapnya.

Meskipun peluang untuk menang sangat terbuka, Ihsan mengingatkan bahwa berbagai variabel harus diperhatikan, seperti penguatan infrastruktur politik, logistik, dan isu-isu yang diangkat selama kampanye. 

AQUR, dengan kombinasi pasangan muda dan tua, berpotensi menjadi penantang serius. Menurutnya, kerja keras dalam konsolidasi tim dan pemanfaatan logistik yang memadai akan sangat berpengaruh pada hasil.

"Saya melihat dia (Paslon AQUR) tidak menjadi calon boneka, dia sedang mempersiapkan diri untuk betul-betul menjadi lawan tanding sebanding dan berfikir supaya bisa mengalahkan pertahanan.

Saat ini, masyarakat hanya dihadapkan pada dua pilihan, yang membuat pemilih lebih mudah untuk berkonsolidasi. Situasi ini berbeda dari Pilkada sebelumnya yang diikuti oleh empat calon, yang dapat memecah suara.

"Ini pola-pola yang akan memudahkan pemilih di kota Mataram atau peluang-peluang yang bisa juga menguntungkan penantang untuk bisa mengalahkan incumbent,"paparnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut