get app
inews
Aa Read Next : Golkar Final Serahkan B1KWK ke 11 Cakada NTB 2024

Mendagri Wanti-Wanti Pj Gubernur Maju Pilgub, Ancam Copot dengan Tidak Hormat jika Tak Mundur

Senin, 10 Juni 2024 | 20:27 WIB
header img
Mendagri Wanti-Wanti Pj Gubernur Maju Pilgub, Ancam Copot dengan Tidak Hormat jika Tak Mundur . MPI

JAKARTA, iNewsLombok.id - Menteri dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian tegas mewanti-wanti para penjabat (Pj) Gubernur segera mengundurkan diri bila hendak maju Pilgub 2024. Tito tak segan untuk mencopot dengan tidak hormat bagi para Pj yang tak mundur dari jabatannya.

Hal itu disampaikan Tito saat rapat kerja (raker) bersama Komisi II DPR RI, di ruanh rapat Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024). Tito menyampaikan, pihaknya tak pernah melarang para Pj untuk ikut serta dalam Pilkada 2024.  

"Enggak ada, ga ada yang melarang. TNI-Polri pun yang tidak memiliki hak pilih boleh ikut pilkada, tetapi dia harus mundur. Sama dengan PJ, PJ juga ASN, boleh ikut, tidak ada larangan politik kecuali dicabut hak politiknya oleh pengadilan. Boleh maju, tetapi resiko mundur, berhenti jadi ASN. Kalau menang, kalau kalah? Nganggur," ujar Tito.

Ia mengaku, telah menyampaikan hal itu kepada seluruh Pj kepala daerah. Bahkan, Tito telah keluarkan Surat Mendagri Nomor 100.2.1.3/2314/SJ Perihal Pengunduran Diri PJ Gubernur, Bupati/Wali Kota yang akan Maju dalam Pilkada Serentak Nasional 2024 tertanggal 16 Mei 2024.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut