Logo Network
Network

TWA Gunung Tunak 'Hutan Musim Dataran Rendah yang Tersisa' di Lombok

Purnawarman
.
Jum'at, 03 Februari 2023 | 19:27 WIB
TWA Gunung Tunak 'Hutan Musim Dataran Rendah yang Tersisa' di Lombok
TWA Gunung Tunak 'Hutan Musim Dataran Rendah yang Tersisa' di Lombok. iNewsLombok.id/purnawarman

LOMBOK TENGAH, iNewsLombok.id - Buku ini menggambarkan sekilas tentang atraksi wisata yang bisa ditawarkan kepada wisatawan dalam dan luar negeri di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

TWA seluas 1.219,97 ha ini, dirintis tahun 2013, dimulai dengan pembangunan infrastruktur jalan, fasilitas penerangan listrik di luar kawasan dan dalam kawasan, yang kemudian ditetapkan sebagai kawasan pelestarian alam, pariwisata dan rekreasi 16 April 2014.

Kemudian atas kerjasama Korea Indonesia Forest Service/KIFS dengan Pemerintah Indonesia (Ditjen BKSDA Kementerian LHK) memberikan dana hibah Rp25.920 miliar, dan dari Kementerian LHK menyumbang Rp6.127 miliar.

Dana-dana yang disalurkan selama kurun waktu 2013-2017 itu, ditambah lagi gelontoran dana Rp8 miliar dari Pemerintah tahu 2018, digunakan untuk membangun antara lain fasilitas penunjang: pembangunan jalan, pengelolaan wisata, penyediaan jaringan air bersih dan instalasi listrik, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pembentukan kelompok sadar wisata ‘Tunak Bersatu’, dan Masyarakat Mitra Polisi Hutan/MMP.

Follow Berita iNews Lombok di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.