get app
inews
Aa Read Next : Trah Soekarno All Out Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Berisi Gabungan Tata Nilai Kehidupan, Doktor Wira : Pancasila Buah Pemikiran Cerdas Bung Karno

Minggu, 26 Juni 2022 | 19:39 WIB
header img
Foto: Akademisi Fakultas Hukum Unram, Dr. Lalu Wira Pria Suhartana (dua kiri) mengisi diskusi terbuka "Membedah Sejarah Pemikiran Bung Karno dan Pancasila". (dok)

MATARAM, iNewsLombok.id - Akademisi Fakultas Hukum Universitas Mataram (Unram), Dr. Lalu Wira Pria Suhartana, mengatakan bahwa Pancasila adalah sumber tertinggi dari semua hukum yang ada di Indonesia.

Hal itu, sesuai yang termaktub dalam UU Nomor 12 Tahun 2011 pada Pasal 2. Karena itu, semua kebijakan daerah hingga pusat yang mengatur kehidupan masyarakat, harus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

"Pancasila itu, adalah intisari dari pembukaan UUD 1945. Didalamnya itu, berisi sosio Demokrasi, Nasionalisme dan Ketuhanan. Maka, Pancasila itu menjadi sumber, dan pondasi, aqidah, serta azas kehidupan," ujar Lalu Wira saat mengisi diskusi terbuka "Membedah Sejarah Pemikiran Bung Karno dan Pancasila" yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kota Mataram dalam rangka Bulan Bung Karno, Minggu Petang (26/6).

Menurut dia, Presiden Soekarno selaku pendiri bangsa, merupakan tokoh yang sangat cerdas. Hal itu lantaran, pemikirannya dalam Pancasila itu, adalah sebuah konsep final yang menggabungkan agama yang berada di posisi tengah, antara nasionalisme, sosialisme dan demokrasi.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut