Senggeger, Minyak Sejenis Mantra Ampuh Warisan Budaya Sasak di Lombok

Redaksi
.
Sabtu, 11 Juni 2022 | 20:22 WIB
Foto: Pembuat senggeger asal Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah.(ist)

LOMBOK TENGAH, iNewsLombok.id - Masyarakat Sasak di Lombok memiliki budaya yang turun temurun diwariskan ke generasi. Salah satunya adalah senggeger. Senggeger merupakan minyak sejenis mantra yang dapat digunakan orang untuk mencapai keinginannya.

Senggeger Lombok dibagi menjadi dua jenis. Ada senggeger aliran putih dan ada juga senggeger beraliran hitam. Jika senggeger putih sebagai mantra sengasih-asih atau agar dicintai banyak orang, senggeger hitam berfungsi sebagai pelet untuk menaklukkan hati wanita.

Seorang pembuat senggeger asal Desa Bonder, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, Ustad Aji mengatakan proses pembuatan senggeger menggunakan bahan-bahan yang sering ditemui di dapur, seperti merica, pala, lada, kelapa hijau, bunga tembakau, cengkeh, kunyit, jahe dan kayu manis.

Hanya saja, proses pengolahannya memiliki syarat-syarat. Seperti memetik kelapa memiliki syarat si pemetik harus dalam keadaan suci dan berwudhu. "Kemudian kelapa itu harus dipetik di atas dan diturunkan tanpa menyentuh tanah," kata Amaq Aji, Jumat, (10/6/2022).

Halaman : 1 2 3 4 5
Bagikan Artikel Ini