get app
inews
Aa Read Next : Trah Soekarno All Out Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Singapura Pernah Anggap Soekarno Tak Sopan karena Pekikan Kata Merdeka

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:19 WIB
header img
Soekarno berpidato (Foto: doc iNews.id)

JAKARTA, iNewsLombok.id -Pemerintah Singapura saat ini sedang jadi perbincangan warga Indonesia usai mengusir UAS (Ustadz Abdul Somad) dari negara tersebut. Sikap Singapura yang dinilai tak bersahabat tersebutpunmengungkap fakta sejarah lain tentang presiden Soekarno yang juga ternyata pernah membuat geger Singapura oleh gaya lantang Presiden Indonesia pertama tersebut Kehebohan itu cuma lantaran Soekarno memekik keras kata "Merdeka!".

Singkatnya, pada 1955 Soekarno hendak pergi beribadah haji ke Tanah Suci. Dalam perjalanan ke Arab Saudi, pesawat yang ditumpangi sang proklamator harus singgah terlebih dahulu di Singapura.

Warga Indonesia yang ada di Singapura pun antusias menyambut dan meminta Soekarno memberi wejangan. Bung Karno terkenal dengan gaya berpidatonya yang berapi-api, tidak terkecuali saat berada di Singapura.

Dalam pidatonya, beberapa kali Bung Karno memekik "Merdeka... Merdeka... Merdeka!!!".  Sontak pers Singapura yang hadir kaget dengan kata-kata itu. Apalagi saat itu Singapura masih berada di bawah pengaruh imperialisme Inggris.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut