get app
inews
Aa Read Next : The Baby Alien Rider Ducati Tercepat di Sirkuit Valencia, Pembalap Satu Timnya Bastianini Penasaran

Dasbor Motor Tak Berfungsi, Andrea Dovizioso Merasakan Keanehan di Sirkuit Mandalika

Minggu, 24 April 2022 | 21:00 WIB
header img
Profil biodata Andrea Dovizioso menarik untuk dibahas. Pembalap senior ini mengalami sensasi aneh ketika beraksi di MotoGP Mandalika 2022. (Foto: Instagram/@andreadovizioso)

Dovizioso memenangkan lima balapan selama musim 2004 dan enam kali naik podium untuk merebut gelar juara kelas 125cc dengan 293 poin. Pada 2005, dia beralih ke kelas 250cc. Bersama Scot Honda, Dovizioso meraih lima podium dan menduduki peringkat ketiga secara keseluruhan.

Dia juga dinobatkan sebagai Rookie of the Year. Setahun berselang, dia tetap dengan skuad yang sama, tetapi tim berganti nama menjadi Humangest Racing.

Dia memenangkan dua balapan di Barcelona dan Estoril. Total, dia naik podium sebanyak 11 kali. Pada 15 September 2007, Dovizioso menegaskan akan naik ke kelas MotoGP dengan skuad saat itu untuk musim 2008. Dia finis keempat di pembukaan musim di Qatar, melewati Valentino Rossi di lap kedua dari belakang, pada debutnya di kelas balap teratas.

Dovizioso menggantikan Nicky Hayden sebagai pembalap Repsol Honda untuk musim 2009. Dia pun berpasangan dengan Dani Pedrosa dari Spanyol. Dovizioso memenangkan balapan MotoGP pertamanya di Donington Park, Inggris , pada Juli 2009. Pada 2011, Dovizioso kembali ke Repsol Honda untuk musim ketiga berturut-turut.

Dia mengendarai motor yang sama dengan Casey Stoner dan Dani Pedrosa. Saat itu, dia finis kedua untuk keempat kalinya di Republik Ceko. Setahun setelahnya, Dovizioso pun finis di lima besar dalam tiga penampilan pertamanya untuk Tech3 pada 2012.

Sementara itu, setelah Valentino Rossi kembali ke tim resmi Yamaha pada 2013, Dovizioso direkrut oleh Ducati untuk menggantikan Rossi. Rekan lama Dovizioso di Tech 3, Cal Crutchlow, bergabung dengannya di Ducati.

Alhasil, para pembalap, yang berkompetisi dengan Tech3 pada 2012, bersatu lagi di Ducati. Dovizioso tetap bersama Ducati untuk musim ketiga berturut-turut. Dia pun berpartner dengan Andrea Iannone, sesama pembalap Italia yang pindah dari Pramac Racing. Dovizioso tidak berganti tim juga pada 2020.

Sayang, pada akhir musim, Dovizioso berpisah dengan Ducati. Dovizioso sempat menjadi pembalap penguji Aprilia Gersini pada musim 2021. Pada pertengahan musim 2021, Dovizioso bergabung dengan Petronas Yamaha.

Pada musim 2022, dia tetap di Petronas Yamaha yang telah berganti nama menjadi WithU Yamaha RNF.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut