get app
inews
Aa Read Next : Jelang Pemilu 2024, Sekitar 16 Ribu Warga di Lombok Barat Belum Punya E-KTP

Kini Masyarakat Bisa Cetak Sendiri Dokumen Kependudukan dengan Mesin ADM

Sabtu, 02 April 2022 | 11:57 WIB
header img
Ilustrasi gambar dokumen Kependudukan (sumber: pexels.com)

JAKARTA, iNewsLombok.id-  Untuk melayani masyarakat secara maksimal, Ditjen Dukcapil Kemendagri menciptakan inovasi mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Lewat mesin tersebut, masyarakat bisa mencetak secara mandiri mulai dari KTP Elektronik, Kartu Keluarga, KIA, akta kelahiran hingga dokumen kependudukan lainnya.

 

Seperti yang dikutip dari inews.id, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh menerjunkan tim asistensi instalasi ADM di Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kabupaten Situbondo pada Maret 2022. Program yang dilakukan berupa instalasi mesin ADM baru dan pembaruan sistem aplikasi ADM bagi kabupaten/kota yang telah melaksanakan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) terpusat.

 

"Adanya pembaruan sistem pada ADM, membuat masyarakat luar domisili dapat mencetak dokumen kependudukannya di mesin ADM mana pun," ucapnya, Sabtu (2/4/2022).

 

Dia menjelaskan sebanyak tujuh mesin ADM telah diinstal dan dilakukan pembaruan sistem di wilayah-wilayah tersebut. Tujuh mesin itu tersebar pada beberapa titik mulai dari kantor dinas hingga di kecamatan.

 

Zudan mengatakan inovasi ADM mendapatkan apresiasi dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada tahun 2020. 

 

“Mesin ADM ini salah satu model, bagaimana kita mengurangi atau pemberantasan korupsi” ujar Zudan.

 

Menurutnya, penggunaan ADM menjadi bagian dari percepatan penerapan inovasi Dukcapil. Dan hingga saat sudah ada 331 ADM yang tersebar di berbagai daerah.

 

"Inovasi ADM dihadirkan untuk memudahkan masyarakat, terutama penerbitan dokumen kependudukan yang dapat dilakukan secara mandiri, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang atau mengantre di Dinas Dukcapil," kata Zudan.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Dewi Ayu Tri Anjani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut