get app
inews
Aa Read Next : Ormas Terbesar di NTB PBNW Resmi Deklarasi Dukungan ke Farin-Khaeratun di Pilbup Lombok Barat

SJP-Tuan Guru Fatihin Ancaman di Pilbup Lotim bagi Calon NW Pancor,Siapa Paling Kuat Lutfi atau TGF?

Rabu, 28 Agustus 2024 | 08:11 WIB
header img
Pengamat Politik yang juga Dosen Ilmu Politik dan Komunikasi di Universitas 45 Mataram Doktor Alfisahrin. dok Pribadi

LOMBOK TIMUR, iNewsLombok.id - Pengamat Politik sekaligus Dosen Ilmu Politik dan Komunikasi Universitas 45 Mataram Doktor Alfisahrin menikai bahwa kehadiran Pasangan SJP dan Tuan Guru Fatihin akan menjadi ancaman serius bagi calon bupati dari NW Pancor Lutfi-Wahid.

"Tuan Guru Fatihin dengan semua instrumen dan fasilitas organisasi NW Anjani akan menjadi ancaman bagi kubu NW Pancor di Pikada Lombok Timur karena ada dua kader yang bersaudara secara biologis namun hanya dibedakan oleh pagar ideologis organisasi. Siapa paling kuat, Syamsul Luthfi atau TGH. Fatihin tentu saja dalam kompetisi politik yang paling kuat adalah yang menang kontestasi di pilkada,"tegasnya, Rabu (28/8/2024) yang juga Dosen di Poltekes Mataram ini.

Menurut Doktor Alfi, munculnya SJP-TGH Fatihin bisa dilihat dalam dua konteks. Pertama, basis pemilih besar NW di lotim belum cukup mewakili keseluruhan  aspirasi kader NW.

"Buktinya meski sudah ada Pasangan Syamsul Lutfi yang lebih dahulu menyatakan diri mantap maju sebagai calon bupati Lotim, faktanya TGH Fatihin pun ada yang  medorong maju. Pasti ada arus dukungan kuat  dari elite dan grass root.  Semiotika politiknya menjelaskan NW Kubu Anjani  tidak ingin kehilangan momentum politiknya,"terangnya.

Kedua, pasangan SJP-Tuan Guru Fatihin tidak ingin ada dominasi kekuatan politik yang dominan mewakili trah Maulana syaikh di Lotim sehingga kehadiran pasangan ini semakin menguatkan soliditas kelompok internal masing- masing  dalam kompetisi politik.

"Saya kira bukan rahasia umum jika NW Pancor dan Anjani bersaing dalam pengembangan organisasi, pendidikan dan keagamaan di NTB. Begitu  juga dalam konteks politik NW Pancor dan Anjani merupakan kekuatan politik besar di NTB dengan atribut simbolik  kultural, religius dan sosial selama ini telah menjadi mesin politik bagi kader maupun  pihak lain  yang didukung,"tegasnya.

Menurur Alfi, peta politik NW Pancor dan Anjani memang faktanya selama kontestasi pilkada NTB  jarang ada dalam satu frame koalisi pasti keduanya berbeda afiliasi politik dan partai.

"Apapun dinamikanya kehadiran Tuan Guru Fatihin dengan SJP sebagai tokoh yg memiliki afiliasi kekerabatan dengan Maulana Syaikh, Tuan Guru Fatihin akan tetap dipandang oleh masyarakat Lotin sebagai representasi dari NW dan Maulana Syaikh juga karena genealogi TGH Fatihin dengan Syamsul Lutfi berasal dari trah yang sama, ungkapnya.

Sehingga di lapisan akar rumput akan susah orang untuk membuat kategorisasi yang berbeda antara calon dari Kubu Pancor dan Kubu Anjani.

Uniknya pertarungan politik di NTB bersifat diametral antara kubu NW Anjani dan Pancor. Hal ini terjadi hampir di semua level kompetisi baik pileg dan pilkada. 

Tampilnya TGH Fatihin dan SJP mau tidak mau akan mempengaruhi dinamika internal NW di Lotim. Apalagi SJP dan Syamsul Luthfi merupakan politisi kawakan di tingkat nasional tentu keduanya punya basis massa dan afiliasi politik kuat dengan banyak tokoh, institusi, OKP dan ormas keagamaan NW maupun non NW.

Apalagi SJP dengan berpasangan dengan Tuan Guru Fatihin dia mendapat bonus kekuatan massa keagamaan tradisional yang cenderung fanatik dan loyal di Lotim.

"Saya pikir dalam politik tidak ada rumus dan teori baku bahwa kader NW ikut pilkada akan langsung otomatis di dukung oleh seluruh  kader NW. Pasti pemilih di lapisan grass root memiliki preferensi, orientasi, budaya politik dan pragmatisme politik,"terangnya.

Oleh karena itu, kehadiran Tuan Guru Fatihin akan menarik banyak dukungan kader NW Pancor  jika kerja politik, kerja kultural dan konsolidasi dari kubu Pancor tidak efisien dilakukan. Public follow the interest not the order, artinya publik mengikuti kemana arah  kepentingan berlari bukan pada siapa yang beri perintah.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut