get app
inews
Aa Read Next : Keluhkan Konflik Sosial Tak Tuntas,Warga Karang Taliwang Berbondong-bondong Beralih Dukungan ke AQUR

Survei Pilwalkot Mataram Juli 2024: Aria Dharma 33,3%, Mohan Roliskana 32,2%, Herman Mahaputra 13,8%

Kamis, 25 Juli 2024 | 21:03 WIB
header img
Survei Pilwalkot Mataram Juli 2024: Aria Dharma 33,3%, Mohan Roliskana 32,2%, Herman Mahaputra 13,8% dok

Selanjutnya, posisi ketujuh Lalu Gita Ariadi.(3,8%), delapan Baihaqi (3,6%), sembilan, Putu Selly Andayani (3,4%),  kesepuluh H. Muzihir(1.8%),  Badruttamam Ahda (1,6%), nama lainnya di bawah 1%, dan tidak memilih sebanyak 16,8%," kata Bagas.

Lebih lanjut, dalam simulasi 10 nama, Lalu Aria Dharma masih unggul di angka (23,3%) disusul Mohan Roliskana (22,9%), Herman Mahaputra (9,8%), Didi Sumardi (9,4%), dan Mujiburrahman (8,3%). Kemudian, Abd Rahman.(4,9%), Putu Selly Andayani (4,7%), Lalu Gita Ariadi (3,6%), Baihaqi (3,4%), Muzihir (2.4%), dan tidak memilih 7,3%.

Bagas mengungkap uji head to head juga dilakukan antara Wali Kota Mataram Mohan Roliskana dengan Lalu Aria Dharma. Hasilnya tingkat keterpilihan Lalu Aria Dharma sebesar 43,3% dan Mohan Roliskana 42,1% (selisih 1,3 %), sementara yang tidak memilih sebesar itu 14,6%," kata Bagas.

Hasil survei ini, sambung Bagas, menunjukan petahana Wali Kota Mataram Mohan kalah tipis dari Lalu Aria Dharma.

"Secara agregat masyarakat sangat memerlukan perubahan," ujarnya.

Survei dilaksanakan 2-10 Juli 2024, mengunakan sampel sebanyak 1200 responden dari populasi survei warga Kota Mataram memiliki hak pilih dalam Pemilu. Yakni, mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel dilakukan menggunakan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±2,82 persen. Kemudian, sampel berasal dari seluruh kecamatan di Kota Mataram yang terdistribusi secara proporsional. 

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Dengan quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen.

"Yakni dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Hasilnya tidak ditemukan kesalahan yang signifikan," ujarnya.

Aria merupakan sosok birokrat ulung. Ketua DPC Gerindra Abd Rachman menyambut baik adanya penantang baru. 

‘’ Selama ini, juga mik aria dari segi komunikasi sangat baik, dan sudah berjalan dengan semua partai di Kota Mataram,’’ tegasnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut