get app
inews
Aa Read Next : Alat Peraga Kampanye Dirusak Orang Tak Dikenal, Ini Jawaban Bacabup Lobar Nurhidayah ke Pendukung

PKB Resmi Tetapkan Bacabup di 3 Kabupaten di NTB, Ini Nama-namanya

Minggu, 12 Mei 2024 | 19:02 WIB
header img
PKB Resmi Tetapkan Bacabup di 3 Kabupaten di NTB, Ini Nama-namanya. dok

LOMBOK, iNewsLombok.id - DPP PKB akhirnya menetapkan tiga kabupaten di NTB sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) yang akan diusung di Pilkada Serentak 2024. Tiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Sumbawa Barat, Lombok Barat, dan Lombok Utara. Hal ini dibenarkan Ketua DPW PKB NTB Lalu Hadrian Irfani.

Hardian menyebut bahwa, Desk Pilkada DPP PKB yang diketuai Gus Halim mengambil keputusan tersebut setelah melalui serangkaian proses internal yang panjang.

"Benar, DPP PKB sudah menetapkan cabup di 3 kabupaten di NTB. Tiga Kabupaten itu Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok utara dan Lombok Barat. Desk Pilkada DPP mengambil keputusan tersebut setelah melalui rangkaian uji kelayakan dan kepatutan di DPP," terang Caleg DPR RI dapil NTB 2 yang terpilih ini Minggu (12/5/2024).

Lalu Ari juga menyebut DPP mengabil keputusan tersebut berdasar hasil survei, pendalaman visi-misi, kapasitas dan kapabilitas tokoh tersebut. Adapun untuk Kabupaten Sumbawa Barat, PKB bakal mengusung Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat saat ini yakni H. Amar Nurmansyah.

Pada Pileg 2024, PKB berhasil mengamankan 3 kursi DPRD dari 25 kursi yang ada di Sumbawa Barat. Kemudian untuk Kabupaten Lombok Barat, PKB bakal mengusung Diretur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang Lalu Ahmad Zaini atau LAZ.

Di Lombok Barat, PKB berhasil mengoleksi 5 kursi pada pileg 2024 dari total 45 kursi yang tersedia. Syarat mengusung pasangan calon (paslon) di Pilbup Lombok Barat adalah sekurang-kurangnya diusung parpol atau koalisi parpol yang memiliki 9 kursi DPRD.

Terakhir, untuk Kabupaten Lombok Utara, PKB bakal mengusung Dr. H. Lalu Mukhsin Muhtar. Di Lombok Utara, PKB menjadi partai pemenang dengan torehan 6 kursi di pileg 2024.

PKB pun menjadi satu-satunya partai yang dapat mengusung sendiri paslon di Pilbup yang akan dihelat 27 November nanti. Kepada tiga nama tersebut, Lalu Ari memberikan sejumlah arahan.

"Kepada para cabup tersebut, DPP memerintahkan untuk segera melengkapi partai koalisi dan menetapkan cawabup masing masing," ungkapnya.

Lalu Ari juga meminta para cabup untuk berkoordinasi dengan struktur DPC PKB di kabupaten masing-masing.

"Dengan sudah diturunkannya rekomendasi tersebut, saya instruksikan pengurus DPC di tiga kabupaten untuk bergerak sosialisasi masif kepada seluruh pengurus PAC, ranting, anak ranting serta seluruh kader dan simpatisan PKB di masing-masing kabupaten," tegasnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut