get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunung Rinjani 2024 Gelombang Pertama Berjalan Lancar

Lombok jadi Salah Satu Rute Potensial di Nataru 2023-2024, Garuda Siapkan 1,8 Juta Kursi Penerbangan

Jum'at, 08 Desember 2023 | 09:45 WIB
header img
Lombok jadi Salah Satu Rute Potensial di Nataru 2023-2024, Garuda Siapakan 1,8 Juta Kursi Penerbangan. dok

JAKARTA,iNewsLombok.id - Lombok jadi salah satu rute pertumbuhan penumpang tertinggi di akhir tahun 2023-2024. Sehingga Garuda telah menyiapkan 1,8 juta kursi penumpang.

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyebut kapasitas penerbangan tersebut sejalan dengan proyeksi peningkatan permintaan perjalanan orang melalui transportasi udara saat libur akhir tahun ini.

Adapun rute dengan potensi pertumbuhan penumpang yang tinggi, antara lain Balikpapan, Solo, Semarang, Pekanbaru, Lombok, Makassar, Kualanamu, dan Manado yang dioperasikan Garuda Indonesia.

“Kami di Garuda Indonesia Group berupaya memaksimalkan momentum ini, tidak hanya dengan memastikan kesiapan operasional penerbangan yang optimal, namun juga dengan memaksimalkan aksesibilitas layanan penerbangan,” ujar Irfan, Jumat (8/12/2023).

Garuda Indonesia Group menyiapkan sebanyak 1,8 juta kursi penerbangan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

Jumlah itu melalui layanan penerbangan full service Garuda Indonesia dan low cost carrier (LCC) Citilink.

Dari 1,8 juta kursi penerbangan, lanjut Irfan, terdiri dari 818.688 kursi yang disediakan pesawat Garuda Indonesia. Di mana, 607.283 kursi untuk penerbangan domestik dan 211.405 kursi penerbangan internasional.

Sementara, ada 1.071.936 kursi yang disediakan di pesawat Citilink, terdiri dari 1.010.222 kursi untuk penerbangan domestik dan 61.714 kursi penerbangan internasional.

Dia mencatat, ketersediaan kursi penerbangan pada periode peak season Nataru tersebut ditunjang oleh pengoperasian extra flight dari Jakarta ke sejumlah destinasi, terutama yang permintaannya tinggi.

Sedangkan, rute intra-Sumatera yang dilayani Citilink, seperti Kualanamu-Gunungsitoli (pp), Kualanamu-Pekanbaru (pp), dan penerbangan menuju Bali yang dilayani dari Jakarta maupun Lombok.

Selain mengoperasikan penerbangan tambahan tersebut, Garuda Indonesia juga mengoptimalkan kapasitas penerbangan melalui pengoperasian pesawat berbadan lebar pada rute-rute tertentu.

Seperti Jakarta-Solo (pp), Jakarta-Balikpapan (pp), Jakarta-Bangkok (pp), Jakarta-Haneda pp, dan Jakarta-Melbourne (pp).

Sepanjang Desember 2023 ini, Garuda Indonesia Group memproyeksikan dapat mengoperasikan sekitar 11.454 frekuensi penerbangan per minggunya, tumbuh lebih dari 22 persen dibandingkan pada periode Nataru tahun 2022/2023.

Jumlah tersebut diyakini akan terus bergerak dinamis sejalan dengan tren perjalanan masyarakat menggunakan transportasi udara pada akhir tahun ini.

 

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul  Libur Nataru 2023-2024, Garuda Indonesia Siapkan 1,8 Juta Kursi Penerbangan

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut