get app
inews
Aa Read Next : Pengamat Sebut Ini Alasan Dukungan NWDI akan Melemah ke Zulkieflimansyah di Pilgub 2024

Akademisi Unram Sebut NTB akan Maju Bila Sendi-sendi Ekonomi Dikuasai Pelaku Lokal

Sabtu, 08 Juli 2023 | 11:06 WIB
header img
Akademisi Unram Dr M Firmansyah. Ist

MATARAM, iNewsLombok.id - Akademisi yang juga Dosen Ekonomi dari Universitas Mataram (Unram) Dr M Firmansyah menyebut bahwa Nusa Tenggra Barat (NTB) ekonominya bisa maju, bila sendi-sendi ekonomi dikuasai pelaku lokal.

"Jadi Ekonomi maju, bila sendi-sendi ekonomi dikuasai pelaku lokal. Mereka ambil barang dari sektor produksi, keutungan hasil usahanya tetap berputar di daerah,"terang Firman, Sabtu (8/7/2023).

Firman menjabarkan bahwa ciri kemajuan ekonomi itu akumulasi modal. Baik modal (uang) berasal dalam daerah itu sendiri. Terutama modal dari luar.

"Contoh sederhananya pertama soal ekspor produk kita dibeli orang luar, kita bawa kapital masuk, Kedua pariwisata ini orang datang, mereka bawa capital masuk, mereka belanja,"terangnya.

Selain itu ada bisnis jasa Pendidikan yang Capital tertahan untuk tidak terbang keluar.

"Karena tiap waktu kita kirim uang tuk putra yang kuliah,"terangnya.

Firman juga menambahkan bila daerah ingin maju pikirkan apa yang sebabkan capital masuk, apa yang bikin capital bertahan. Bagaimana perpindahan uang (velocity of money) kencang.

"Bila semua orang luar yang kuasai. Kita hanya bisa melihat infrastruktur yang bagus, namun minim akumulasi modal oleh pelaku ekonomi lokal,"tegasnya.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut