Sisa 3 Bulan, Rohmi-Firin dan Iqbal-Dinda akan Saling Kejar

Purnawarman
Sisa 3 Bulan, Rohmi-Firin dan Iqbal-Dinda akan Saling Kejar. iNewsLombok.id/Purnawarman

LOMBOK, iNewsLombok.id - Peneliti sekaligus Direktur Eksekutif Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (PRESiSI) Darwar Samurdja melihat dari beberapa aspek kekuatan elektoral masing-masing, tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 Sitti Rohmi Djalilah - Misyafirin (Rohmi-Firin) dan Lalu Muhammad Iqbal - Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda) akan saling kejar mengejar disisa 3 bulan ini ketimbang Zulkieflimansyan-Suhaili (Zul-Uhel).

"Potensi siapa bakal calon yang akan melaju menduduki kursi panas Gubernur dan Wakil Gubernur NTB belum bisa diprediksi, sebab ketiga bakal pasangan calon tersebut sama-sama memiliki potensi menang dan kekuatan mereka hampir seimbang, "terangnya, Minggu (1/9/2024).

"Potensi itu terlihat misalnya dari sisi Geo politik, saya fokus melihat Bacagubnya. Pertama, Ummi Rohmi selaku Bakal Calon Gubernur yang satu-satunya dari Lombok Timur lebih diuntungkan secara elektoral, dimana kita tahu Lotim adalah ceruk pemilih paling besar di NTB, Daftar Pemilih Sementara (DPS) berjumlah 995.915 pemilih. Sebanding dengan 4 Kabupaten di pulau Sumbawa," terangnya.

Selanjutnya Bacagub Lalu Iqbal juga sangat berpotensi melaju, sebab satu-satunya bakal calon dari Lombok Tengah, namun disitu Iqbal diganggu oleh Suhaili selaku bakal calon  wakil Doktor Zul. Potensi elektoral Iqbal terbelah secara signifikan ke Zul bisa saja terjadi, karena memang keberadaan Suhaili diharapkan Doktor Zul bisa memberikan kontribusi elektoral yang significant memecah Iqbal di Loteng. 

"Saya melihat Ummi Rohmi dan Lalu Iqbal memiliki potensi bertarung ketat karena kekuatannya yang seimbang dari pada Doktor Zul," terangnya.

Editor : Purnawarman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network