Bupati Loteng Pathul Bahri Bareng PDAM Tanam Pohon di Mata Air Tibu Nangklok Desa Aik Berik

Riki Aditya Ramdani
Bupati Lombok Tengah Pathul Bahri (kanan) saat menanam Pohok di mata air Tibu Nangklok Desa Aik Berik Batukliang Utara. iNewsLombok.id/Riki Aditya Ramdhani

LOMBOK TENGAH, iNewsLombok.id - Peringatan hari Air se-dunia, Bupati Lombok Tengah Pathul Bahri bersama PDAM Tirta Ardhia Rinjani Kabupaten Lombok Tengah di Hari Lingkungan Hidup Se-dunia 2024 melakukan penanaman pohon di mata air Tibu Nangklok   Desa Aik Berik kecamatan Batukliang Utara, Jumat (7/6/2024).

Bupati Lombok Tengah Pathul Bahri menyampaikan bahwa jangan ada masyarakat yang menebang pohon di hutan.

"Mari kita jaga hutan dan alam kita," terang Pathul

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Bambang Supratomo menegaskan bahwa, air menjadi salah satu kebutuhan mendasar dan paling penting di kehidupan sehari-hari.

Sehingga dalam acara World Water Forum yang dilaksanakan di Bali beberapa waktu lalu sangat menekankan kepada seluruh masyarakat dunia untuk terus menjadi kelestarian alam.

"Kalau tidak seperti itu, kondisi sumber mata air setiap tahunnya pasti akan berkurang," katanya.

Saat ini saja, sekitar 2-3 persen sumber mata air berkurang, salah satu penyebabnya yakni adanya penebangan pohon ilegal dan alih fungsi hutan.

Disatu sisi, kebutuhan masyarakat akan air semakin meningkat, namun hal itu belum bisa dilakukan secara menyeluruh karena infrastruktur dan layanan yang masih kurang maksimal.

Bambang juga menjelaskan bahwa, penanaman pohon di sumber mata air diharapkan dapat memberikan dampak yang besar bagi kestabilan mata air disana 

"Mari kita jaga bersama alam kita, air sumber kehidupan semua," jelasnya 

Selain itu, Bambang juga memberikan tanggung jawab kepada karyawan PDAM dan juga OPD untuk menjaga pohon yang ditanaminya sampai besar dan bisa memberikan manfaat nantinya 

"Kita jadikan mereka sebagai orang tua asuh terhadap pohon-pohon yang ditanam," pungkasnya.

Editor : Purnawarman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network