Logo Network
Network

2 Sahabat Rasulullah Berdebat Soal Lailatul Qadar, Jawaban Nabi Muhammad SAW di Luar Dugaan

Vitrianda Hilba Siregar
.
Sabtu, 23 April 2022 | 09:17 WIB
2 Sahabat Rasulullah Berdebat Soal Lailatul Qadar, Jawaban Nabi Muhammad SAW di Luar Dugaan
Malam Lailatul Qadar. (Foto: Freepik)

2 SAHABAT Rasulullah SAW pernah berdebat tentang kapan malam Lailatul Qadar terjadi

Soal kapan malam Lailatul Qadar terjadi, Rasulullah SAW pernah diberi tahu oleh Allah Ta'ala waktu terjadinya malam 1.000 bulan tersebut. 

Dalam sebuah hadits yang sahih, Rasulullah SAW ke luar pada malam Lailatul Qadar, ada dua orang sahabat berdebat, beliau bersabda: 

إِنِّي خَرَجْتُ لِأُخْبِرَكُمْ لَيْلَةَ الْقَدْرِ فَتَلَاحَى فُلَانٌ وَفُلَانٌ، فَرُفِعَتْ، وَعَسَى أَنْ يَكُونَ خَيْرًا لَكُمْ، فَالْتَمِسُوهَا فِي التِّسْعِ وَالسَّبْعِ وَالْخَمْسِ

“Aku keluar untuk mengkhabarkan kepada kalian tentang malam Lailatul Qadar, tapi ada dua orang berdebat hingga tidak bisa lagi diketahui kapannya. Mungkin ini lebih baik bagi kalian, carilah di Sembilan (malam Sembilan terakhir, yaitu maksudnya malam ke 21), tujuh (maksudnya malam ke 23), dan lima (malam ke 25).” (HR Al-Bukhari no 49)

Sehingga kapan pastinya tidak diketahui lagi jatuhnya malam lailatul qadar. Hadits ini juga menjadi dalil bahwasanya rahmat Allah bisa terangkat gara-gara pertengkaran.

" Padahal sebelumnya Nabi telah mengetahui kapan lailatul qadar akan tetapi setelah terjadinya pertengkaran, beliau menjadi lupa. Akhirnya tidak diketahui kapan tepatnya lailatul qadar," ujar Ustaz Dr Firanda Andirja MA dikutip pada Sabtu (23/4/2022) 

Terangkatnya Lailatul Qadar merupakan musibah, akan tetapi Nabi berkata “Bisa jadi itu lebih baik bagi kalian”. Karena diantara hikmah Allah menyembunyikan kapan lailatul qadar agar kaum muslimin beribadah kepada Allah 10 hari terakhir seluruhnya, karena kalau diketahui dengan pasti kapan lailatul qadar maka kebanyakan orang hanya semangat beribadah pada malam tersebut saja, sementara panen pahala bukan hanya di malam lailatul qodar, akan tetapi seluruh malam Ramadhan adalah musim panen pahala terutama 10 hari terakhir. Oleh karenanya terkadang tersebar di medsos bahwasanya malam ini atau malam itu adalah lailatul qodar dengan memastikan maka hal ini bertentangan dengan hikmah yang dikehendaki oleh Allah.

Follow Berita iNews Lombok di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.