get app
inews
Aa Read Next : Idul Fitri Bisa Serempak 1 Syawal Jatuh Pada 2 Mei

Tidak Puasa, Tidak Sholat Pantaskah Merayakan Idul Fitri?

Rabu, 20 April 2022 | 11:51 WIB
header img
Tidak puasa, tidak sholat maka apakah pantas orang seperti ini ikut Hari Raya Idul Fitri berlebaran. (Foto: Freepik)

Tidak semuanya muslim masuk area ini kecuali keamanannya dalam ibadah berjalan pada tahapan ketakwaan, karenanya banyak juga muslim yang pada ramadhan tidak secara utuh menjalani, atas pertimbangan lemahnya iman atau juga hal lainya. 

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa(Qs.Ak Baqarah:183)

Mereka yang merayakan Idul Fitri karena sekadar merayakan kegembiraan, maka dia tidak mendapatkan keutuhan pahala ibadah shiyam, hanya pahala sunah sholat Idul Fitri saja.

"Padahal makna Idul Fitri adalah dalam, bahwa momentum kembali fitri, suci adalah definisi telah dilaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh berfungsi sebagai tazkiyatun nafsi yaitu mensucikan jiwa dan zakat fitrah berfungsi sebagai tazkiyatul badan, yaitu mensucikan badan. Maka setelah selesai ibadah puasa dan menunaikan zakat,seorang muslim akan kembali kepada fitrahnya yaitu suci jiwanya dan suci badannya," ujarnya dalam pesan yang dikirim beberapa waktu lalu.

Seorang muslim yang kembali kepada fitrahnya selain sebagai abid (hamba Allah) yang bertakwa, ia juga akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi peduli kepada lingkungannya.

Itulah beberapa indikator dari gambaran seorang yang kembali kepada fitrahnya setelah selesai menunaikan ibadah shaum Ramadhan sebulan lamanya, dan itu akan tampak pada dirinya setelah selesai puasa ramadhan,mulai hari ini dan seterusnya," ujarnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut