get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir Temui Kiper Inter Milan Keturunan Mataram, Segera Dinaturalisasi Bela Timnas Indonesia

Kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi Ternyata Asli Lombok, Berikut Ini Profilnya

Sabtu, 13 April 2024 | 15:45 WIB
header img
Kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi Ternyata Asli Lombok, Berikut Ini Profilnya. ist

Penampilan apik Emil di Venezia membuat Sampdoria kepincut dan meminjamnya dari Juventus semusim berselang. Di musim perdana ia langsung mendapatkan tempat utama di bawah mistar gawang skuad asuhan Marco Giampaolo.

Nama Emil seolah tidak tergantikan di klub berjuluk I Blucerchiati tersebut. Dari empat musim yang dijalaninya total ia telah tampil sebanyak 186 laga, 38 kali clean sheet dan 260 kali kebobolan.

Namun musim terakhir Emil di Sampdoria harus berakhir buruk. Pasalnya klub yang bermarkas di Luigi Ferraris Stadium itu harus terdegradasi ke Serie B usai berakhir di peringkat ke-20 alias juru kunci klasemen Serie A Italia 2022-2023.

Emil Audero kemudian didatangkan Inter Milan dengan status pinjaman selama semusim. Selain kiper bernomor punggung 77 di skuad Simone Inzaghi itu I Nerazzurri turut mendatangkan Yann Sommer dari Bayern Munchen.

Karier Emil Audero Mulyadi di Timnas Italia Emil tercatat mengawali kiprahnya di Timnas Italia saat membela U-15 pada 2012. Di tim muda Gli Azzurri asuhan Antonio Rocca tersebut ia mencatatkan 9 kali bermain.

Sejak saat itu Emil Audero masuk ke berbagai kelompok umur skuad Timnas Italia antara lain U-16, U-17, U-18, U-19, U-20 dan U-21. Ia sempat masuk skuad yang berlaga di EURO U-21 2019.

Namun mimpinya untuk membela Timnas senior Italia tidak kunjung terkabul. Gli Azzurri yang saat itu masih dibesut Roberto Mancini lebih memilih nama-nama kiper beken seperti Gianluigi Donnarumma, Alex Meret hingga Salvatore Sirigu.

Rupanya Emil kembali tidak masuk skuad Timnas Italia di Kualifikasi EURO 2024 melawan Makedonia Utara dan Ukraina. Sebab pelatih anyar Luciano Spalletti lebih memilih memasukkan nama-nama kiper Donnarumma (PSG), Meret (Napoli), Provedel (Lazio) dan Vicario (Spurs).

Jika dibandingkan keempat kiper tersebut Emil tampil kurang meyakinkan beberapa musim terakhir. Pada musim 2022-2023 ia hanya mampu mencatatkan 4 kali clean sheet dan kebobolan sebanyak 39 gol dari 25 laga Serie A Italia.

Tentu hal itu membuat Sampdoria mengakhiri musim sebagai juru kunci klasemen Serie A Italia dan mau tidak mau harus tampil di Serie B musim depan.

Skuad asuhan Dejan Stankovic itu juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan terbanyak di liga tertinggi sepak bola Italia tersebut dengan 71 kali kebobolan.

Tolak Membela Timnas Indonesia Emil Audero dikabarkan sempat menolak tawaran naturalisasi yang dilayangkan PSSI pada beberapa tahun lalu. Ia pernah dipanggil untuk berlaga di Piala AFF 2016 namun sang pemain menolak mentah-mentah dan memilih fokus berkarier di Italia.

Hal itu pun ternyata diaminkan ayah Emil, Edy Mulyadi. Sang ayah kiper Inter Milan itu menyebut jika anaknya belum ada keinginan untuk membela Timnas Indonesia di kancah internasional dan masih bermimpi bermain di Timnas Italia.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut