get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Lombok Tengah 2024, Abah Fuad Mulai Tebar Pesona Lewat Spanduk

3 Tokoh Lombok Tengah Muncul di Pilgub 2024, Pengamat Sebut Paket Suhaili-Dinda Berpeluang

Minggu, 03 Maret 2024 | 21:29 WIB
header img
Suhaili-Dinda (dua kiri), Pathul Bahri(dua kanan), Muh Iqbal (kanan), Pengamat Dr Agus (kiri). ist

LOMBOK, iNewsLombok.id - Tiga tokoh di Lombok Tengah muncul kepermukaan yang menurut Pengamat Politik dari UIN Mataram Doktor Agus menilai dua tokoh dan yakni Mantan Bupati Lombok Tengah dua periode Suhaili FT dan Bupati Kabupaten Bima aktif Indah Damayanti Putri memiliki kekuatan jika benar maju di Pilgub NTB 2024 yakni memiliki elektoral, memiliki pengalaman sebagai kepala daerah dan mewakili gender bahwa pertama calon wakil gubernur perempuan dari pulau sumbawa.

Pertama dari dimensi geopolitik dan demografi elektoral. Kedua tokoh ini mempertemukan pulau lombok dan pulau sumbawa, maka keduanya saling melengkapi secara elektoral.

Kedua, dilihat dari dimensi gender, pertemuan kedua tokoh ini akan efektif dalam menarik simpati pemilih perempuan yang secara kebetulan belum pernah dalam sejarah politik NTB perempuan dari pulau sumbawa menjadi wakil gubernur.

Ketiga, kedua tokoh ini memiliki pengalaman sebagai kepala daerah di kabupaten dan dipandang sukses oleh pemilihnya di masing-masing daerah.

"Saya kira keduanya punya pemilih loyalis dan birokrat loyal yang dapat mendulang suara mereka. Tiga dimensi tersebut merupakan kekuatan yang dimiliki oleh kedua tokoh ini,"terang Agus, Minggu (3/3/2024) yang juga Wakil Direktur PusDek UIN Mataram ini.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut