get app
inews
Aa Read Next : Pj Walikota Bima Rum: Kita Mencatat Sejarah Baru Festival Rimpu Mantika jadi Karisma Event Nusantara

Pj Walikota Bima Rum: Festival Rimpu 25-27 April 2024, Daya Tarik Generasi Muda dan Wisatawan Luar

Kamis, 22 Februari 2024 | 10:05 WIB
header img
Pj Walikota Bima Rum: Festival Rimpu 25-27 April 2024, Daya Tarik Generasi Muda dan Wisatawan Luar.ist

LOMBOK, iNewsLombok.id - Pj. Wali Kota Bima H. Mohammad Rum, menginginkan festival rimpu yang akan digelar 25-27 April 2024 bisa menjadi daya tarik generasi muda dan wisatawan yang datang sebab merupakan event yang berlanjut.

“Saya ingin ada kesan baik untuk tamu-tamu dari luar Kota bima, ini merupakan Event yang berlanjutan karena ini warisan budaya, kita wajib memperkenalkan budaya rimpu kepada generasi muda," ucapnya saat Pimpin Rapat Koordinasi pelaksanaan Festival Rimpu di Aula Kantor Wali Kota, Rabu, (21/2/2024).

Dalam rangka mempertahankan warisan budaya ditengah perkembangan zaman yang semakin modern, Pemerintah Kota Bima kembali menggelar Festival Rimpu Mantika tahun 2024.

Festival Rimpu Mantika dilaksanakan berdasarkan surat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreativ Republik Indonesia Nomor: B/SD/18/PP.03.00/D.6/2024 Perihal Penyampaian 110 Karisma Event Nusantara (KEN).

Karisma Event Nusantara (KEN) bertujuan agar budaya rimpu selalu terjaga serta meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap rimpu sebagai life style baru juga meningkatkan semangat berwisata dan bangga terhadap produk Lokal.

Rum menyampaikan bahwa ini Festival Rimpu Mantika merupakan Event Nasional yang harus di persiapkan semaksimal mungkin, mengingat banyaknya Wisatawan dan Investor yang akan hadir.

Selain itu, Rum menegaskan kepada seluruh stakeholder terkait agar melakukan simulasi penanganan parkir, Penanganan lalu lintas, Penerangan jalan dan kebersihan lingkungan sebelum Event dilaksanakan.

“Kita ingin pada Event ini memberikan kenyamanan dan manfaat kepada Masyarakat juga meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Bima, selain itu Saya juga ingin nantinya UMKM yang ada di festival rimpu telah menggunakan Qris sebagai alat transaksi pembayaran,”ucapnya.

Diakhir, beliau berharap agar Pemerintah dan Masyarakat terlibat dalam memeriahkan Festival Rimpu Mantika yang digelar sekali dalam satu tahun tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima M Nasir menyampaikan bahwa pada tahun 2024 Kota Bima mendapat anugrah bisa lolos event tingkat nasional.

"Lokasi start Pelaksanaan Festival Rimpu Tahun 2024 yaitu di Eks Kantor Bupati Lama dan lokasi finish nya dipusatkan di Lapangan Serasuba,"ungkapnya.

Dalam Rakor tersebut Pj. Wali Kota didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, Kadis Pariwisata, Ketua Dekranasda Kota Bima, Kapolres Bima Kota, serta turut dihadiri oleh Kepala OPD, Camat dan Lurah se Kota Bima.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut