get app
inews
Aa Read Next : Erick Thohir Temui Kiper Inter Milan Keturunan Mataram, Segera Dinaturalisasi Bela Timnas Indonesia

TGH Mujib Beberkan Luas Kumuh di Kota Mataram Tersisa 75 Hektar Dihadapan Delegasi Bank Dunia

Selasa, 07 November 2023 | 19:19 WIB
header img
Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman bersama para delegasi Bank Dunia, Negara Vanuatu, Solomon Island, dan Fiji. Foto: Dok Pemkot Mataram

MATARAM, iNewsLombok.id - Wakil Walikota Mataram TGH Mujiburrahman yang juga Ulama asal Sekarbela Mataram ini, membeberkan bahwa di tahun 2015 jumlah luasan kumuh di Kota Mataram mencapai luas sebesar 303,58 Hektar. Dan di penghujung tahun 2023, penanganan kekumuhan telah mencapai presentase sebesar 75 persen dari 6.130 hektar atau 61,3 Km² total luas wilayah Kota Mataram.

"Dengan kata lain luasan kumuh di Kota Mataram hanya tersisa sebesar 75 hektar,"terang TGH Mujib di hadapan delegasi Bank Dunia, Selasa (7/11/2023) di Mataram.

Selain berdampak positif bagi Kesehatan Masyarakat Kota Mataram, Hal ini tentu saja diapresiasi oleh banyak pihak, sehingga mau datang berkunjung ke Kota Mataram untuk mengetahui strategi dan taktiknya.

“Tentunya capaian penanganan kekumuhan di Kota Mataram tidak berhenti sampai disini, karena masih tersisa beberapa kawasan kumuh yang terus menjadi upaya Walikota dan Wakil Walikota Mataram sesuai dengan arahan RPJM Kota Mataram guna mewujudkan Kota Mataram yang HARUM atau Harmoni, Aman, Ramah, Unggul dan Mandiri,”ucapnya kembali.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram terus melahirkan inovasi dan prestasi. Prestasi dan inovasi yang terus ditorehkan ini mengundang sejumlah pihak datang berkunjung untuk mempelajari strategi pengelolaan kota. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan kenegaraan, dimana Delegasi dari Bank Dunia disertai dengan Delegasi dari Negara Vanuatu, Kepulauan Solomon dan Fiji, diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman. 

“Selamat datang delegasi Negara Vanuatu, Solomon Island dan Fiji di Kota Mataram. Kami berharap kunjungan ke Kota Mataram dalam rangka National Upgrading Slum Project (NUSP), ini akan menjadi ajang saling menginspirasi, saling belajar dan menyemangati kita semua untuk terus menerus berupaya dalam menangani kekumuhan yang pada akhirya diharapkan dapat mengentaskan kemiskinan di daerah kita masing-masing tentunya dengan ridho dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,”ujar TGH Mujib.

Tujuan para delegasi ini berkunjung adalah untuk melihat sejauh mana capaian Kegiatan Penanganan Kekumuhan atau NUSP, dan strategi yang dilakukan Kota Mataram dalam upaya meminimalisir daerah kumuh di wilayahnya. Selain itu para delegasi juga melakukan kunjungan pada lokasi-lokasi Kegiatan penanganan kekumuhan tersebut.

Kegiatan kunjungan delegasi Bank Dunia, Negara Vanuatu, Solomon Island, dan Fiji di Kota Mataram pada Selasa, (7/11/2023). Foto: Dok Pemkot Mataram

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut