get app
inews
Aa Read Next : KPU Tetapkan di Pilkada 2024 setiap TPS Maksimal Sebanyak 600 Pemilih

KPU Ajak Mahasiswa Jadi Petugas KPPS saat Pemilu 2024 untuk Kurangi Tingkat Human Error

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 19:18 WIB
header img
Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak mahasiswa untuk terlibat aktif dalam Pemilu 2024. Ilustrasi/iNews.id.

LOMBOK, iNewsLombok.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak mahasiswa untuk terlibat aktif dalam Pemilu 2024, salah satunya dengan menjadi petugas Kelompok Penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Ajakan ini disampaikan Tenaga Ahli KPU, M Fadlilah, Ia mengungkapkan bahwa tenaga mahasiswa akan sangat dibutuhkan untuk Pemilu 2024.


"Saya kira sudah saatnya sahabat-sahabat mahasiswa untuk mengambil peran untuk menjadi penyelenggara pemilu," kata Fadlilah dalam 'Sindo Goes To Campus seri Dialog Pemilu' di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Intelektualitas mahasiswa juga dinilai dapat disalurkan untuk mengawal Pemilu 2024 mendatang terutama untuk mengurangi tingkat human error.


"Saya kira ini akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu. Selain itu akan mengurangi tingkat human error," ujarnya.

Selain kedua hal tersebut, keikutsertaan mahasiswa juga bisa mencegah pengalaman di Pemilu 2019 lalu. Saat itu, banyak petugas KPPS yang meninggal dunia akibat kelelahan.


"Salah satu faktornya usianya itu sudah lanjut usia," katanya.

Menanggapi hal ini, Elyza selaku anggota KPU Provinsi NTB sub bagian hukum dan pengawasan menyatakan untuk saat ini belum ada informasi terkait alur maupun syarat bagi mahasiswa yang akan terlibat dalam Kelompok Penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"untuk saat ini belum ada syarat-syarat untuk KPPS tapi kalau ada informasi lebih lanjut, akan kita sampaikan," Ungkapnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut