get app
inews
Aa Read Next : BMKG: Hari Ini Waspadai Potensi Angin Kencang di NTB!

Gempa Hari Ini, Lombok Utara Diguncang M5,7 Terasa hingga Denpasar

Sabtu, 09 September 2023 | 08:44 WIB
header img
Gempa hari ini dengan kekuatan Magnitudo 5,7 mengguncang Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari Sabtu (9/9/2023). Foto: Ilustrasi

LOMBOK, iNewsLombok.id - Gempa hari ini dengan kekuatan Magnitudo 5,7 mengguncang Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari Sabtu (9/9/2023). Gempa Lombok Utara terjadi pada pukul 07.06 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG mencatat bahwa guncangan gempa bumi dirasakan hingga ke Denpasar dan Kuta, Bali.

Guncangan gempa dengan intensitas skala II-III MMI atau getaran yang dirasakan dengan jelas di dalam rumah terjadi di Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Tengah, Denpasar.

Sementara itu, getaran gempa dengan intensitas skala II MMI atau getaran yang dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang terjadi di Kuta.

"Dirasakan di Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, dan Lombok Tengah, Denpasar II - III MMI, Kuta II MMI," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui pesan singkat pada hari Sabtu (9/9/2023).

Daryono menjelaskan bahwa gempa ini berpusat sekitar 39 kilometer timur laut Lombok Utara dengan kedalaman 500 kilometer. Berdasarkan analisis sementara BMKG, gempa ini dikategorikan sebagai gempa hiposenter dalam.

"Ini merupakan aktivitas Deep Focus Earthquake (gempa dengan hiposenter dalam). Sepertinya ini merupakan susulan dari gempa sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa slab lempeng Indo-Australia masih aktif di kedalaman 500 km," tambahnya.

 

 

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut