get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPW PPP NTB Muzihir Respon TGH Hazmi Maju di Pilbup Lotim: Kalau Serius Segera Mendaftar

KKN ITSKes Muhammadiyah Selong Ngobrol Cerdas Pemilu Bareng Masyarakat Lombok Timur

Selasa, 29 Agustus 2023 | 12:41 WIB
header img
KKN ITSKes Muhammadiyah Selong Ngobrol Cerdas Pemilu Bareng Masyarakat Lombok Timur. Ist

LOMBOK TIMUR, iNewsLombok.id - KKN Mahasiswa Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan (ITSKes) Muhammadiyah Selong ngobrol cerdas pemilu dengan menggelar Sosialisasi bertajuk "Menyongsong Pemilu Damai Mencerahkan Generasi Muda”, di Desa Tanjung Teros, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur, Sabtu malam, (26/8/2023).

Ketua Panitia Penyelenggara, M Ihsan mengatakan, kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk membekali generasi milenial dengan pemahaman yang mendalam tentang proses politik serta pentingnya peran mereka dalam pemilihan umum yang akan datang.

Ikhsan mengatakan, mahasiswa KKN ini, sadar akan pentingnya peran generasi milenial sebagai penerus bangsa dalam suksesnya Pemilu 2024 mendatang.

"Kita berupaya mencegah kemungkinan generasi muda terjebak dalam praktik black campaign dan politik uang, yang dapat mengancam karakter dan masa depan generasi ini," terang Ihsan.

Ihsan mengungkapkan, pilihan tema "Menyongsong Pemilu Damai Mencerahkan Henerasi Muda", dalam kegiatan tersebut terinspirasi seorang akademisi bernama Teguh Satya Bhakti (TSB).

"Dalam buku karya Teguh Satya Bhakti yang akrab disapa TSB itu, banyak memberikan pandangan tentang pengetahuan bernegara, dan ilmu politik," katanya.

Salah satunya, kata Ihsan, Buku yang berjudul POLA HUBUNGAN PRESIDEN DAN DPR PASCA AMANDEMEN UUDNRI 1945.

"Dalam buku itu dikupas tentang bagaimana tugas,fungsi dan tanggung jawab dimasing masing lembaga negara, itu sebabnya saya sangat mengagumi bang TSB," imbuh Ihsan.

Menurutnya, tema ini juga merupakan gambaran pentingnya peran generasi milenial sebagai penerus bangsa dalam suksesnya pemilu mendatang.

"Generasi milenial merupakan generasi penerus bangsa yang turut menyukseskan Pemilu akan datang," terangnya.

Tidak menafikan, pemilih pemula tentu masih labil dalam mengenal dan menentukan kriteria calon pemimpin masa depan. Melalui kegitan ini, harap dia, sebagai upaya mencegah kemungkinan generasi muda terjebak dalam praktik black campaign dan politik uang, yang dapat mengancam karakter dan masa depan generasi ini.

"Dengan alasan inilah kami peserta KKN PCM Teros tergerak untuk menyelenggarakan kegiatan ini," tambah Ihsan.

Ihsan menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Desa Teros, yang memberikan fasilitas dan tempat, acara ini berhasil terselenggara dengan sukses. Inisiatif Mahasiswa KKN ITSKES Muhammadiyah angkatan ke-2 tahun 2023, mendapat apresiasi positif Ketua KPU Lombok Timur, Dr. Junaidi.

"Kegiatan ini sangat membantu KPU dan BAWALSU," terangnya.

Junaidi menekankan pentingnya partisipasi positif dari pemilih milenial dengan menyalurkan hak pilihnya ke TPS. Dia juga mengimbau untuk menghindari kampanye hitam (black campaign) menjauhi praktik-praktik politik uang.

"Pilihlah calon pemimpin yang berkualitas dan menjauhi praktik politik yang merugikan," harapnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Lombok Timur, Marjan menegaskan bahwa peran Bawaslu dalam fungsi pengawasan perlu bersinergi dengan masyarakat.

"Ini akan memungkinkan semua permasalahan yang mungkin timbul terdeteksi dan diselesaikan dengan bantuan KPU," katanya.

Selain KPU dan Bawaslu, acara ini turut dihadiri oleh Rektor ITSKes Muhammadiyah Selong, Drs. Juhad dan Pemerintah Desa Teros, serta tokoh setempat.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut