get app
inews
Aa Read Next : SK Pj Bupati Lobar Diterima Pemprov NTB Besok, Dilantik Pj Gubernur Gita Selasa 23 April 2024

Peringati HUT RI ke 78, Remaja di Karang Temu Lingsar Lombok Barat Perang Bintang Layang Merah Putih

Minggu, 20 Agustus 2023 | 22:13 WIB
header img
Peringati HUT RI ke 78, Remaja di Karang Temu Lingsar Lombok Barat Perang Bintang Layang Merah Putih

LOMBOK BARAT, iNewsLombok.id - Bertempat di dusun Karang Temu Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, kelompok remaja Aliansi Remaja Sasak Karang Temu (Alaska) berkolaborasi dengan Pusat Informasi Konseling (PIKR) dan KKN Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu melaksanakan perlombaan layangan bertajuk 'Perang Bintang Layang Merah Putih' memperingati HUT RI ke 78.

Kegiatan berlangsung tengah hari menggunakan format gugur. Siapa yang menang bertemu dengan pemenang lain hingga menyisakan dua peserta terakhir yang memperebutkan juara satu.

Selain lomba layangan kegiatan lain adalah arak-arakan keliling kampung yang diikuti semua warga dusun Karang Temu menggunakan kostum 'unik' yang telah ditentukan panitia.

Diungkapkan ketua panitia Rizki Bagus Abadi bahwa perang bintang layang Merah Putih menjadi cara Kelompok Remaja Alaska memaknai ulang semangat pantang menyerah dan semangat rela berkorban para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

"Perang Bintang ini bertujuan untuk membangkitkan semangat juang dan rela berkorban, sebagaimana para pejuang kita dahulu" jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh salah satu peserta perang bintang Amri Aziz yang menyebut kegiatan Perang Bintang menarik karena dalam bertarung layangan kemungkinan menang dan kalah menjadi soal nomor dua setelah soal perjuangan. Bila menang adalah hasil usaha dan ketangkasan namun ketika kalah harus ada kerelaan melepas layangan yang putus.

"Saya sangat semangat mengikuti kegiatan ini, karena selain dari hobi perang bintang layang ini mengajarkan kita untuk berjuang dan rela berkorban," katanya.

Dari pantauan inewslombok.id, selain bertahan di bawah terik matahari para peserta juga dituntut untuk mengalahkan semua peserta agat mendapat gelar juara. Layangan peserta akan 'diadu putus' satu per satu dengan musuh yang telah ditetapkan.

Terpantau puluhan orang mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang berlangsung meriah dengan menghadirkan komentator bersuara lantang melalui pengeras suara itu dihajatkan jadi acara tahunan dalam menyambut hari kemerdekaan RI.

"Insya Allah ini akan jadi event tahunan untuk menyambut hari kemerdekaan," terang Rizki.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut