get app
inews
Aa Read Next : Sarper Caleg Nasdem Dapil 2 DPRD NTB jadi Perdebatan Alot Rekapitulasi Pemilu Nasional, Ini Hasilnya

Pengamat Sebut Ingin Imbangi Ketokohan TGB di Perindo, Nasdem di NTB Tunjuk Wabup Lotim jadi Ketua

Kamis, 06 Juli 2023 | 10:52 WIB
header img
Pengamat Sebut Ingin Imbangi Ketokohan TGB di Perindo, Nasdem di NTB Tunjuk Wabup Lotim jadi Ketua. iNewsLombok.id/purnawarman

MATARAM, iNewsLombok.id - Penunjukan Wakil Bupati Lombok Timur H Rumaksi sebagai Ketua DPW Nasdem NTB merupakan keinginan dari partai besutan Surya Paloh ini bisa mengimbangi ketokohan TGB M Zainul Majdi dan keluarnya Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah dari Nasdem, hal ini disampaikan Pengamat Politik UIN Mataram Dr Agus.

"Menurut saya terpilihnya atau ditunjuknya H. Rumaksi yang kebetulan saat ini merupakan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Timur merupakan strategi Partai Nasdem untuk mengimbangi kekuatan partai politik lain yang telah mengambil sejumlah tokoh di Lombok Timur, seperti Partai Parindo yang mengambil TGB dan keluarnya Hj. Rohmi dari Nasdem,"terang Agus, Kamis (6/7/2023).

Agus menjelaskan bahwa kmplikasi dari sistem pemilu untuk jenis pemilu Legislatif yang kita gunakan yaitu proporsional terbuka adalah pemilih akan mengikuti "tokoh", bukan mengikuti partai politik.

"Maka merupakan keuntungan elektoral bagi partai politik yang menaruh "tokoh" sebagai pimpinan apakah itu sebagai Ketua DPP atau Ketua DPW termasuk Ketua DPC,"jelas Agus.

Menurut Agus berdasarkan logika cara kerja system proporsional terbuka tersebut, maka . Pertanyaannya apakah nanti H. Rumaksi bisa mengimbangi Hj. Siti Rohmi.

" Saya kira bisa imbang bisa juga lebih efektif mendongkrak elektoral Partai Nasdem. Tentu saja sangat ditentukan oleh bagaimana H. Rumaksi menggunakan mandat yang telah diberikan Partai Nasdem untuk memperluas jaringan politik, komunikasi politik, dan kolaborasi partai dengan semua pemangku kepentingan,"terangnya.

Saat ini H Rumkasi perlu melakukan penguatan jejaring sosial-politik, komunikasi, dan kolaborasi.

" Ini merupakan kunci untuk penguatan elektoral partai di era demokrasi dan keterbukaan saat ini,"sebutnya.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut