get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunung Rinjani 2024 Gelombang Pertama Berjalan Lancar

Unik! Hanya Ada di Lombok, Air Muallaf jadi Simbol Umat Hindu dan Islam Bisa Berdampingan di Sini

Jum'at, 30 Desember 2022 | 09:30 WIB
header img
Unik ini Hanya Ada di Lombok, Air Muallaf jadi Simbol Umat Hindu dan Islam Bisa Berdampingan Disini. iNewsLombok.id/purnawarman

Dan di tempat pemandian ini, air tak pernah berhenti mengalir. Di sini, sebuah reservoar khusus dibuat untuk mengalirkan air ke Masjid Hidayatul Islam yang berjarak 300 meter dari Pura Pancor Munjuk.

Di sana, air digunakan oleh umat Muslim untuk beribadah setiap hari. Semua bermula dari kesulitan air di masa lalu. Saat Masjid Hidayatul Islam dibangun secara sederhana, sumur yang dibangun oleh umat Muslim pada waktu itu di dekat Masjid, tidak memiliki air bersih yang memadai.

Sehingga hal tersebut menyulitkan umat Islam yang hendak beribadah. Tokoh masyarakat Hindu dan tokoh masyarakat Islam kemudian berembuk.

Dan semenjak itu, air dari Pura Pancor Munjuk dialirkan ke Masjid Hidayatul Islam. Semula dengan cara yang sederhana. Baru pada tahun 2016, sistem alirannya dibuat menjadi lebih bagus dengan menggunakan jaringan perpipaan dan reservoar yang bisa disaksikan masyarakat saat ini.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut