get app
inews
Aa Read Next : Ketua DPW PPP NTB Muzihir Respon TGH Hazmi Maju di Pilbup Lotim: Kalau Serius Segera Mendaftar

RH Bantu Rp 2 Miliar lebih untuk 111 KK Program Rumah Sejahtera Terpadu di Lombok Timur

Kamis, 15 Desember 2022 | 20:13 WIB
header img
RH Bantu Rp 2 Miliar lebih untuk 111 KK Program Rumah Sejahtera Terpadu di Lombok Timur. (Rachmad Hidayat, purnawarman/iNewsLombok.id)

LOMBOK TIMUR, iNewsLombok.id - Anggota DPR RI dapil Lombok dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat (RH) kembali memberikan Bantuan Rehab/ Perbaikan 111 KK untuk program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) Masing-masing KK warga memperoleh beaya 20 juta. Totalnya 111 dikali 20 juta per KK berjumlah Rp 2.220.000.000 miliar.

Adapun proses pencairan bantuan RST dipusatkan di Kantor Desa Rumbuk, Rabu (14/12/2022).

Pencairan dana bantuan RST dilakukan melalui Bank Mandiri secara Tunai di lokasi tanpa potongan sesenpun.Sebanyak 111 KK Warga Desa yang meliputi desa Rumbuk, Peresak, Rarang Batas, Rarang Selatan, Pemongkong secara Tertib datang membawa tanda bukti ( KTP, KK dan surat panggilan dari Bank Mandiri ).

Dari semua warga desa tersebut , Desa Rumbuk memperoleh 75 RST. Adapun proses pencairan dana RST dilakukan melalui kelompok. Ada kurang lebih 8 Kelompok yg terbentuk untuk memudahkan proses pencairan dan penggunaan dana bantuan RST tersebut.

Sementara itu tampak sejumlah Petugas PKH yang dilibatkan dlm melakukan pengawasan dan supervisi terkait laporan pertanggungjawabannya.

Anggota DPR RI dapil Lombok , RH tampak dengan teliti dan cermat melakukan proses monitoring dan pengawasan selama proses pencairan dana pembangunan RST. Bahkan Rachmat tidak segan-segan menanyakan secara detail ke pihak Bank Mandiri tentang mekanisme pencairannya.

Kedatangan RH diacara Program Rumah Sejahtera Terpadu di dampingi oleh Ketua DPC PDIP Lombok Timur , Ahmad Sukro dan Wakil Ketua II DPC PDIP Lombok Timur, Ahmad Amrullah.

RH minta kepada Warga Desa Rumbuk agar menggunakan sebaik mungkin dana bantuan RST untuk kepentingan perbaikan rumah tempat tinggalnya agar layak."Jangan dipakai kepentingan diluar RST anggaran tersebut," kata RH mengingatkan.

RH menambahkan dirinya sengaja akhir-akhir ini sering membantu desa Rumbuk yang sebelum-belumnya tidak pernah ia lakukan.

"Dulu saya sengaja tidak pernah minta suara dirumbuk apalagi memaksa minta suara. Tidak pernah. Hal tersebut tidak saya lakukan supaya tidak terjadi silang sengketa. Saya tidak ingin gara-gara politik, sesama Rumbuk berkelahi. Lebih baik saya mengalah, mencari suara diluar Rumbuk," ungkap RH.

Selanjutnya RH Berjanji akan tetap membantu warga Lombok Timur dengan berbagai bantuan yang bersifat kemanusiaan maupun program agar SDM lombok timur bertambah maju.

"Sebentar ini akan turun bantuan UMKM maupun bantuan kemanusiaan lainnya , " imbuh RH.

Menurut RH, sesuai Tupoksi di Komisi VIII DPR RI akan terus memaksimalkan perannya sebagai legislator untuk membantu dapilnya dengan berbagai program baik bersifat stimulus maupun bantuan-bantuan yang bersifat memberdayakan.

"Saya telah menurunkan bantuan milyaran rupiah maupun sumbangan pribadi untuk konstituen dapil Lombok karena itu memang Haknya Rakyat," tandas Rachmat.

Sementara itu dalam pidato pembukaannya , Kepala Desa Rumbuk tak henti-hentinya memuji kiprah Anggota DPR RI dapil Lombok, Rachmat Hidayat dalam memajukan dapilnya melalui serangkaian kegiatan kemanusiaan dimana-mana.

"Beberapa minggu lalu beliau membantu pengadaan dua ruang kelas baru ( RKB ) di Pondok Pesantren Al Rumbuky. Sekarang Beliau turunkan bantuan RST untuk 75 KK warga Rumbuk. Luar biasa perhatian Beliau untuk Rakyat," kata Kades Rumbuk, Suhirman .

Terpisah Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial ( Limjamsos ) Dinas Sosial Lombok Timur, Samsul Anwar mengatakan apa yang dilakukan oleh Anggota DPR RI dapil Lombok, H Rachmat Hidayat patut diapresiasi dan di atensi dalam membantu warga desa agar memiliki rumah yang layak huni.

"Ini bentuk kemitraan yang baik dalam memberdayakan warga desa yang tidak mampu, " ujarnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut