Komisioner KPU Kota Mataram Dilantik, Edy Putrawan Terpilih jadi Ketua

Purnawarman
Foto: Ketua Komisioner KPU Kota Mataram, Edy Putrawan (dua kiri).ist

4. Divisi Teknis Penyelenggaraan

Ketua : Sulfiani Ariyanti

5. Divisi Hukum dan Pengawasan

Ketua : A. Naufal Rochmatullah

Sebelumnnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Hasyim Asy'ari melantik anggota KPU Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah periode 2024-2029 di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol No. 29, Menteng Jakarta Pusat.

Turut hadir pimpinan KPU RI pada pelantikan tersebut seperti August Mellaz, Yulianto Sudrajat, dan Parsadaan Harahap. Bernard Dermawan Sutrisno, Sekretaris Jenderal beserta jajaran kesekjenan KPU RI juga turut hadir mendampingi.

Dalam sambutannya, Hasyim Asy'ari menekankan agar anggota KPU kota Mataram dan kabupaten Lombok Tengah serta anggota KPU Kabupaten/Kota pada 27 Kabupaten/Kota di 28 Provinsi lainnya yang dilantik pada saat itu agar senantiasa membaca berbagai macam peraturan perundangan-undangan yang mengatur tentang kepemiluan sebagai pedoman dalam bekerja.

"Sehingga walau ada tekanan dan godaan yang mengajak menyimpang, kita tetap berpegang kokoh pada peraturan perundang-undangan tersebut," ujarnya.

Selain itu, Ketua KPU RI juga berpesan agar mengenali betul karakter KPU yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Karena bersifat nasional, maka KPU secara struktur bersifat hirarkis.

"Maka laksanakan apa yang ditugaskan oleh KPU pusat. Jangan main pencak silat, main sendiri. Jika ada hal yang masih ragu, konsultasikan sehingga tidak salah dalam melangkah," ujar Hasyim dengan nada lebih tegas.

Hasyim juga mengingatkan jika KPU bekerja sepenuh waktu, tanpa libur.

"Kerja kita 24 jam," tegasnya.

Hal tersebut mengingat pelaksanaan pemungutan suara kurang lebih sepuluh hari lagi. Karenanya, para anggota KPU kabupaten/kota yang dilantik diminta untuk segera menyesuaikan diri dengan ritme kerja KPU pada satker masing-masing.

Terakhir, dalam sambutannya Ketua KPU mengingatkan posisi dan tanggung jawab KPU sebagai pemimpin kepemiluan pada masing-masing tingkatan. Anggota KPU kabupaten/kota adalah pemimpin kepemiluan di kabupaten/kota.

Kepemimpinan pemilu yang paling efekttif adalah keteladan. Dirinya menegaskan bahwa jika keteladan dilaksanakan oleh anggota KPU kabupaten/kota, Insya Allah proses dan hasil Pemilu akan terjaga integritasnya.

Editor : Purnawarman

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network