get app
inews
Aa
Read Next : Anies Larang Pendukungnya di Lombok Ikut Kampanye Terakhir di JIS, Lebih Baik Kawal Suara di TPS

Anies Ceramah Soal Perkotaan , Singgung Ibu Kota Negara yang Baru

Jum'at, 08 April 2022 | 09:49 WIB
header img
Anies Baswedan saat ceramah di Masjid Kampus UGM Yogyakarta Kamis (7/4/2022) malam.

JAKARTA, iNewsLombok.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyinggung perpindahan Ibu Kota Negara saat memberikan ceramah tarawih di Masjid Kampus UGM, Yogyakarta, Kamis (7/4) malam. Anies mengatakan dirinya diberikan tema perkotaan dalam ceramah tarawih kali ini.

“Tema yang diberikan kepada saya ini adalah kota. Mungkin karena saya sedang mengurus Ibu Kota, walaupun sebentar lagi tidak lagi Ibu Kota,” kata Anies.

Anies menjelaskan Ibu Kota Negara akan dipindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang saat ini sedang dibangun.

“Mau nggak pindah? Warga Jogja nggak ada pengaruhnya lah. Jadi, saya masih mengurus kota, jadi dianggap (mengurus) kota gitu,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Anies mengatakan masa depan peradaban umat manusia berada di perkotaan. “Kalau bicara masa depan, maka bisa saya sampaikan di sini, masa depan dari peradaban umat manusia itu akan berada di perkotaan. Harus siap, di perkotaan. Tahun 2027 nanti, pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, penduduk dunia yang tinggal di kota akan lebih banyak dari yang tinggal di pedesaan,” kata Anies.

Bahkan, Anies mengungkapkan dari tahun ke tahun jumlah penduduk di pedesaan akan semakin berkurang.

“Di tahun 50-an, hanya 5 persen penduduk dunia tinggal di perkotaan. Tahun 2021 kemarin, 57 persen penduduk dunia tinggal di kota. Indonesia juga sama, tahun 2011 sebelah tahun yang lalu pertama kalinya Indonesia memiliki statistik lebih banyak warga tinggal di perkotaan daripada di pedesaan. Dan tahun 2021, 10 tahun kemudian 57 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Pedesaan makin hari makin berkurang,” ujarnya.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut