get app
inews
Aa Read Next : Profil Baiq Isvie Rupaeda Ketua DPRD NTB periode 2024-2029, Pendidikan dan Karir

Siagakan 48 Petugas, Kakanwil Kemenkumham NTB Pastikan Pelayanan Paspor Jamaah Haji Berjalan Lancar

Minggu, 12 Mei 2024 | 20:44 WIB
header img
Siagakan 48 Petugas, Kakanwil Kemenkumham NTB Pastikan Pelayanan Paspor Jamaah Haji Berjalan Lancar.ist

Setelah proses clearance terhadap masing-masing paspor jemaah haji telah selesai dilaksanakan, sesuai dengan layanan One Stop Service dari Kementerian Agama RI dalam pemberangkatan haji tahun ini, paspor akan diberikan petugas imigrasi setelah pemeriksaan kesehatan, pemberian gelang identitas dan pemberian living cost.

Layanan One Stop Service ini diharapkan dapat memberikan waktu lebih bagi para jemaah untuk beristirahat sebelum akhirnya berangkat ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dengan menggunakan bus khusus yang telah disediakan.

“Setelah jemaah masuk ke dalam bus, petugas imigrasi akan memberikan segel pada pintu bus berupa stiker clearance sehingga para jemaah tidak diperkenankan meninggalkan bus sebelum bus tersebut tiba di bandara dan segel dilepas oleh petugas,” terangnya.

Ditemui pada kegiatan konferensi pers pemberangkatan Kelompok Terbang (Kloter) 1 LOP, calon jemaah haji di Asrama Haji NTB, Sabtu (11/5), Abdul Haris, selaku Asisten Supervisor Unit A Satuan Tugas Haji Kanwil Kemenkumham NTB mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram menyampaikan apresiasi kepada kinerja tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dalam persiapan pemberangkatan kloter pertama, khususnya dalam mempersiapkan dokumen keimigrasian yakni paspor dan visa haji.

“Harapan kami agar hingga sampai pemberangkatan besok agar masing-masing ketua kelompok dari kloter pertama untuk dapat mengingatkan jemaahnya terkait dengan paspornya, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan menjelang keberangkatan” tutup Haris.

Kloter pertama calon jemaah haji embarkasi Lombok Tahun 2024 M / 1445 H dengan jumlah 385 jemaah dan 8 orang petugas telah diberangkatkan, Minggu (12/5) pukul 09.30 Wita, melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid menggunakan maskapai Garuda Indonesia. Pemberangkatan calon jemaah haji embarkasi Lombok gelombang pertama ini dilepas langsung oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi bertempat di Aula Bir Ali I, Asrama Haji NTB.

Terpisah, Menkumham Yasonna H Laoly meminta petugas imigras yang telah ditunjuk dalam pemberangkatan haji 2024 untuk bersiaga dan membantu kelancaran calon jemaah haji. 

"Pastikan kesiapan sistem dan petugas agar pemeriksaan keimigrasian berjalan lancar," ujar Yasonna.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut