get app
inews
Aa Read Next : Setelah Ziarah Makam Dua Ulama di Lombok, Kemenag NTB ke Makam Sultan Muhammad Salahuddin di Bima

Ini Dia 10 Tokoh Pertempuran Surabaya 10 November 1945

Kamis, 09 November 2023 | 20:01 WIB
header img
Tokoh pertempuran Surabaya 10 November 1945 . (Foto: ist)

6. Soegiarto  
Soegiarto, seorang pemuda yang berprofesi sebagai pemain sepak bola, turut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia gugur di medan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu pahlawan yang mengorbankan nyawanya untuk membela tanah air.  

Bung Tomo menceritakan kisah Soegiarto, seorang pemuda yang berprofesi sebagai pemain sepak bola dan turut serta dalam pertempuran 10 November 1945. Soegiarto yang saat itu menjadi pemain Persebaya tahun 1930 Surabaya, gugur di medan pertempuran sebagai salah  

7. Muriel Stuart Walker  
Muriel Stuart Walker, yang lebih dikenal dengan nama K'tut Tantri, adalah seorang perempuan berkebangsaan Amerika Serikat yang turut serta dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Ia menggunakan kemampuannya berbahasa Inggris untuk menyebarkan berita perjuangan Indonesia melalui radio, terutama saat pertempuran 10 November 1945.  

Pidatonya yang lantang dan bersemangat dianggap berbahaya oleh pemerintah Belanda, yang bahkan menawarkan hadiah 50.000 gulden kepada siapa pun yang dapat menyerahkannya. Peristiwa ini membuat K'tut Tantri dijuluki "Surabaya Sue" atau penggugat dari Surabaya.  

8. Mayjen TKR HR Mohammad Mangoendiprodjo  
Mayjen TKR HR Mohammad Mangoendiprodjo adalah salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia yang turut serta dalam Pertempuran Surabaya. Ia berperan penting sebagai wakil Indonesia dalam kontak biro dengan pasukan Inggris di Surabaya.  

Dalam upaya mencegah aksi brutal pasukan Inggris yang menduduki gedung Bank Internatio dan menembaki massa, ia memasuki gedung untuk menemui komandan pasukan Inggris.  Namun, ia justru disandera di dalam gedung. Di luar gedung, ada yang menembak AWS Mallaby, sehingga pertempuran dahsyat 10 November 1945 pun pecah.  

9. Abdul Wahab Saleh  
Abdul Wahab Saleh adalah seorang pemuda asli Surabaya yang namanya patut diakui sejajar dengan tokoh-tokoh yang terlibat dalam Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945.  

Pada saat itu, dia bekerja sebagai pewarta foto di Kantor Berita Indonesia (KBI), yang merupakan lembaga pendahulu Antara.  Abdul Wahab dan Bung Tomo pernah bekerja bersama di kantor berita Domei.  

Peran Abdul Wahab Saleh dalam Pertempuran Surabaya tidak melibatkan pertempuran fisik dengan pasukan Sekutu, seperti yang dilakukan oleh serdadu atau pemuda RI lainnya. Sebagai seorang fotografer, dia memberikan kontribusi sesuai dengan keahliannya.  

Salah satu karya terkenalnya adalah foto peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato, yang kini tersebar di berbagai platform internet.  

Momen tersebut didokumentasikan olehnya saat dia sedang beristirahat di dekat hotel tersebut bersama rekan-rekannya pada tanggal 19 September 1945.  

Demikianlah ulasan mengenai siapa saja tokoh pertempuran Surabaya 10 November 1945.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut