get app
inews
Aa Read Next : Paket Suhaili-Asrul Resmi Daftar Lewat PPP Ikhtiar Maju Pilgub 2024, Suhaili: Tidak Ada Keraguan

3 Tips untuk Melatih Growth Mindset

Jum'at, 29 September 2023 | 20:35 WIB
header img
Ilustrasi

Mindset terbentuk dari kepercayaan yang kamu pegang secara sadar maupun tidak sadar, di sisi lain kepercayaan tersebut terbentuk dari informasi-informasi yang kamu terima sebagai fakta baik itu dari lingkungan, bacaan, tontonan, dan berbagai macam konten-konten yang kamu lihat di sosial media.

Maka, kamu harus sebisa mungkin mengatur pikiran kepada hal-hal positif yang akan meningkatkan kepercayaan diri agar kamu tidak takut untuk mencoba hal-hal baru yang dapat meningkatkan kemampuan dan membuat diri kita berkembang.

Identifikasi kepercayaan-kepercayaan seperti apa yang selama ini menahan langkah kita untuk bergerak, posisikan diri pada situasi yang netral dan terbuka dengan pengetahuan-pengetahuan baru.

2. Kondisikan Lingkungan

Di era digital seperti saat ini, kamu dapat dengan mudah mengakses berbagai-macam informasi.

Hal itu bisa kamu manfaatkan untuk belajar tentang hal-hal baru dan mengembangkan skill dirimu. Selain bisa mengubah mindset, belajar hal baru secara tidak langsung akan meningkatkan value atau nilai yang ada dalam diri kamu.

Belajar tidak hanya terpaku pada apa yang kita dapatkan di bangku sekolah atau kuliah tetapi bisa didapatkan di mana saja secara gratis.

Mulailah dari hal-hal yang kamu konsumsi di sosial media, pilih konten yang dapat memberikan energi positif terhadap mindset dan semangatmu untuk terus tumbuh.

Pilih lingkungan pertemanan yang sama-sama mempunyai kemauan untuk berkembang karena lingkungan memiliki peran yang besar dalam pertumbuhan mindset seseorang.

3. Sabar dan Tekun

Fixed mindset atau pola pikir yang tetap umumnya tercipta dari kurangnya kepercayaan diri dan kemalasan yang kuat, oleh karena itu cara untuk melawannya adalah dengan mengambil risiko, lawan rasa malas, dan mau terus bergerak.

Dengan menanamkan kepercayaan bahwa skill dapat ditingkatkan dengan terus belajar dan berusaha, maka growth mindset akan terus terlatih.

Melatih kesabaran dan ketekunan merupakan kunci untuk terus berkembang, jangan pernah marah ataupun tersinggung saat menerima kritikan, sebagai gantinya jadikan hal tersebut sebagai pemacu yang membangkitkan semangat untuk terus berkembang.

Itulah 3 tips melatih growth mindset yang dapat kita lakukan.

Buang pikiran-pikiran negatif, kelilingi diri dengan lingkungan yang membuat kita berkembang, dan pantang menyerah!

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut