get app
inews
Aa Read Next : Kadis Perindustrian NTB Nuryanti ajak BSN Kolaborasi Tingkatkan Standardisasi IKM di Daerah

Sambangi Ponpes Al Hikam, TGB Sebut Mantan Ketua Umum PBNU Kiyai Hasyim Miliki Kedekatan dengan NTB

Kamis, 31 Agustus 2023 | 16:53 WIB
header img
Ketua OIAA Indonesia TGB HM Zainul Majdi saat bersilaturahim dengan pengasuh Ponpes Al Hikam, Malang. iNewsLombok.id

MATARAM, iNewsLombok.id - Sosok Kiai Hasyim Muzadi memiliki kenangan tersendiri bagi Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) TGB HM Zainul Majdi. Mantan Ketua Umum PBNU itu disebut memiliki kedekatan dengan Provinsi NTB.

"Bagi saya pribadi dan masyarakat NTB memiliki hubungan yang baik dengan beliau (KH Hasyim Muzadi)," katanya, Kamis (31/8/2023).

Hal ini disampaikan oleh TGB saat datang ke Ponpes Al Hikam Malang. Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo ini diterima oleh KH Abdul Hakim Hidayat dan KH Muhammad Nafi'.

Diakui TGB, Kiai Hasyim sering memiliki hubungan dengan NTB. Saat akhir periode pertama sebagai Gubernur NTB, diantara yang memberi dukungan adalah Kiai Hasyim.

"Menuju periode kedua beliau (Kiai Hasyim Muzadi) datang ke NTB. Beliau menampakkan support," ucapnya.

Doktor Ahli Tafsir Alquran ini menambahkan, bagi umat Islam di NTB sangat akrab dan dekat dengan ulama kharismatik ini. Maka, ketika ia wafat terasa betul bagi masyarakat.

"Ada cara komunikasi dengan umat yang tak tergantikan dari beliau, " ujarnya.

TGB berharap, santri-santri Ponpes Al Hikam, sadar betul dengan nilai yang dibawa oleh Kiai Hasyim Muzadi. Kiai Hasyim risau ketika kepentingan umat yang kepentingan bangsa tidak beriringan.

"Jangan ada dikotomi antara kepentingan umat dan bangsa supaya umat tidak terpinggirkan itu kata beliau. Ini juga membuat saya hormat dan takzim kepada Kiai Hasyim, " tegasnya.

Kiai Hasyim Muzadi menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2000-2010. Dia menggantikan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur memimpin ormas Islam terbesar di Indonesia. Kiai Hasyim juga pernah didaulat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut