get app
inews
Aa Read Next : Mancini Puji 4 Pemain Timnas Garuda Muda U-23 di Piala Dunia Asia 2024: Cocok Main di Liga Italia

Jejak Sejarah Serangan Sultan Agung di Petilasan Makam Kemangi di Waleri Kendal

Minggu, 16 Juli 2023 | 12:42 WIB
header img
Makam Kemangi di Kendal, Jawa Tengah. Foto: Ist

KENDAL, iNews.id – Petilasan prajurit Mataram, yaitu petilasan makam Kemangi yang terletak di wilayah Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Meskipun saat ini tempat ini merupakan kuburan, tempat ini dulunya memiliki nilai sejarah yang terkait dengan serangan Sultan Agung, Raja Mataram Islam, ke Batavia.

Pada saat itu, ketika Sultan Agung memutuskan untuk berperang melawan Belanda di Batavia, semua adipati, tumenggung, dan pejabat kerajaan dipanggil untuk pertemuan penting di Kerajaan Mataram yang dipimpin langsung oleh Sultan.

Mataram kemudian menyatakan perang terhadap Belanda di Batavia setelah rapat dan mendapat saran dari adipati dan pejabat kerajaan.

Pimpinan perang ditunjuk yaitu Tumenggung Bahurekso, Adipati Kendal, dan Adipati Pesisir Laut Jawa. Persiapan perang dilakukan di tempat yang dekat dengan pantai, bukan di pendopo kabupaten.

Lokasi pertemuan harus dirahasiakan, tempat yang dipilih berada di tengah hutan atau persawahan, tepatnya di bawah pohon yang rindang. Pohon itu dikenal dengan nama pohon kemangi.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut