get app
inews
Aa Read Next : Pengamat Sebut Kualitas Ganjar di Debat Perdana Lebih Unggul dari Kedua Capres Lawan

Pengamat: Popularitas Ganjar Tinggi akan Pengaruhi Popularitas Partai Perindo dan Calegnya di NTB

Senin, 12 Juni 2023 | 17:45 WIB
header img
Pengamat: Popularitas Ganjar Tinggi akan Pengaruhi Popularitas Partai Perindo dan Calegnya di NTB. dok. pribadi

MATARAM, iNewsLombok.id - Dukungan Partai DPP Perindo ke Capres Ganjar Pranowo menurut Pengamat Politik UIN Mataram Dr Agus akan sangat berdampak pada popularitas Perindo dan calon legislatif di daerah khususnya Nusa Tenggara Barat (NTB) jika popularitas Ganjar tinggi.

Agus menjelaskan perlu dipahami secara teori implikasi dari pemilu dengan skema serentak antara pemilu presiden dengan pemilu DPR dan DPRD adalah munculnya efek ekor jas atau dikenal dengan coattail effect.

Teori ini menyatakan bahwa terjadi suatu fenomena dimana jika dua jenis pemilu dilaksanakan berbarengan maka pemilu yang memiliki popularitas tinggi mempengaruhi pemiliu yang popularitasnya kurang atau rendah.

"Jika dihubungkan dengan dukungan Perindo ke Ganjar dalam kasus NTB , maka ketika popularitas Ganjar tinggi akan mempengaruhi popularitas Perindo beserta calon anggota DPRD dari Perindo,"terang Agus yang juga Peneliti di Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik (PuSDeK) UIN Mataram ini, Senin (12/06/2023) dihubungi iNewsLombok.id.

Agus juga menyebut demikian halnya jika Perindo bersama seluruh anggota DPR dan DPRD dari Perindo bergerak mendukung Ganjar maka sudah barang tentu berpengaruh pada sokongan electoral Ganjar di NTB.

Adapun terkait dengan peluang TGB menjadi Wapres atau Menteri jika nanti Ganjar terpilih sebagai Presiden tentu saja tergantung dari komitmen politik antara Ganjar, PDIP, dan DPP Perindo.

"Saya kira setiap partai yang bergabung dalam koalisi pencalonan presiden memiliki target kekuasaan apakah itu di kursi Cawapres atau kabinet, karena politik merupakan aktivitas tentang siapa mendapatkan apa, kapan, dan bagaimana,"ungkapnya.

Agus juga menyebut ketika Periondo masuk dalam koalisi Ganjar, maka sudah barang tentu mereka juga membicarakan tentang "dapat apa".

"Untuk saat ini paling tidak Perindo dapat coattail effect dari popularitas Ganjar,"tegasnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut