get app
inews
Aa Read Next : Anies Sindir Kubu Sebelah Pakai Spanduk Dibiayai Jakarta: Kita dari Keringat Rakyat

Elektabilitas Capres Dinamis, Pengamat: Prabowo, Ganjar dan Anies Harus Hati-hati Tentukan Cawapres

Minggu, 30 April 2023 | 09:12 WIB
header img
Elektabilitas Capres Dinamis, Pengamat: Prabowo, Ganjar dan Anies Harus Hati-hati Tentukan Cawapres. Foto: kolase iNews.id

MATARAM, iNewsLombok.id - Pengamat Politik UIN Mataram Dr Agus melihat tiga hari terakhir ini persaingan elektabilitas capres terlihat sangat dinamis dan semakin kompetitif, khususnya persaingan Ganjar dan Prabowo.

"Saya melihat dua variabel yang determinan menaikkan elektabilitas Prabowo sekaligus menurunkan elektabilitas Ganjar. Variabel pertama Prabowo semakin aktif membangun komunikasi politik atau silaturrahmi politik dengan sejumlah pimpinan partai politik. Kemarin bertemu dengan Airlangga dan Airlangga bergantian menemui Prabowo, kemarin sore bertemu Cak Imin, dan besok kita belum tahu,"tegas Agus yang juga peniliti Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik (PuSDeK) UIN Mataram.

Sementara di sisi lain Agus melihat Ganjar mengalami penurunan elektabilitas sejak statemennya terkait isu U20 beberapa Waktu yang lalu. Meskipun demikian, selisih elektebalitas kedua calon tersebut sangat kecil yang menandakan masih sangat terbuka lebar perubahan posisi dalam beberapa hari kedepan.

Jika demikian, maka baik Prabowo maupun Ganjar harus hati-hati betul memilih calon wakil presiden, sebab posisi calon wakil presiden ini akan menjadi variable determinan berikutnya yang akan mempengaruhi dinamika elektabilitas mereka.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut