get app
inews
Aa
Read Next : KAMMI Pesan ke Jokowi Bisa Memberi Legacy yang Baik Bagi Penerusnya, Ini Isinya

Mega Proyek Fantastis Bendungan Beringin Sila akan Diresmikan Jokowi, Terganjal Pembebasan Jalan!!

Selasa, 27 September 2022 | 18:59 WIB
header img
Foto: Bendungan Beringin Sila. (ist)

MATARAM, iNewsLombok.id - Mega Proyek Fantastis Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa senilai Rp1.725 Miliar yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Desember tahun ini masih terganjal pembebasan lahan untuk jalan.

Sebab sejumlah warga protes karena lahan yang dimilikinya akan dibeli dengan nilai rendah tidak sesuai harga pasar untuk dijadikan jalan menuju lokasi mega proyek tersebut. Ternyata proyek fantastis akan hilangnya mata pencaharian sekitar 160 orang warga yang memiliki tanah untuk kepentingan mega proyek tersebut.

“Tanah kami dihargai dengan harga Rp20 ribu per meter persegi atau Rp2 juta per are. Dengan harga tanah seperti itu, jelas kami tidak akan bisa lagi beli tanah baru. Sementara tanah tersebut adalah sumber mata pencaharian kami untuk berkebun dan berternak,” keluh Warga Desa Motong Kecamatan Utan Sumbawa, H Abdul Majid, pemilik lahan di kawasan jalan menuju Jaringan Irigasi Bendungan Beringin Sila Sumbawa, kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Menurutnya, untuk membeli lahan baru, warga harus merogoh kocek sebesar Rp25 juta per are. Hal ini tentu dirasa akan sangat berat bagi mereka. Apalagi dengan biaya ganti rugi lahan yang sangat kecil.

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut