Logo Network
Network

Dimakamkan Hari Ini, Begini Urutan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth

Tim iNews.id
.
Senin, 19 September 2022 | 16:59 WIB
Dimakamkan Hari Ini, Begini Urutan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth
Dimakamkan Hari Ini, Begini Urutan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth. (ist)

LONDON, iNewsLombok.id - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth pada Senin (19/9/2022) akan disiarkan dan dapat disaksikan langsung oleh jutaan pasang mata di seluruh dunia.

Prosesi pemakaman Ratu yang berusia 96 tahun tersebut akan dimulai pukul 11.00 waktu setempat. Hal itu telah dinyatakan oleh Kerajaan Inggris dalam situs resminya. 

"Pemakaman Negara Yang Mulia Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey pada hari Senin, 19 September, pukul 11.00," tulisnya. 

Pada pagi hari sekira pukul 06:30 waktu setempat, periode pembaringan resmi jenazah Sang Ratu berakhir. Sebelumnya, selama empat hari, ratusan ribu orang mengantre di Westminster Hall, London untuk melihat peti mati ratu yang paling lama memerintah Inggris itu.  

Dari Westminster Hall, peti mati akan dibawa ke Westminster Abbey menggunakan kereta. Sementara Raja dan keluarga kerajaan akan berjalan kaki mengikuti di belakang kereta. Setiba di Gerbang Barat Westminster Abbey, peti dibawa ke biara untuk Ibadah Pemakaman Kenegaraan.

Ibadah ini dipimpin oleh Dekan Westminster dan dihadiri kepala negara dan pemerintah asing, gubernur jenderal, dan perdana menteri kerajaan. Selain itu, ada pula perwakilan Alam Persemakmuran, termasuk penerima Victoria Cross dan George Cross. Anggota parlemen, perwakilan gereja, dan tokoh publik lain. 

Perdana menteri dan sekretaris jenderal persemakmuran akan membacakan liturgi kitab suci selama ibadah berlangsung.

Sementara itu, Uskup Agung York, Uskup Agung Westminster, Moderator Majelis Umum Gereja Skotlandia, dan Moderator Gereja akan membacakan doa. Uskup Agung Canterbury akan memberikan khotbah sedangkan Dekan Westminster akan melakukan pemberkatan prosesi itu.

Di akhir kebaktian, nada Last Post akan menggema dibarengi dengan hening cipta selama dua menit. Hening cipta ini juga digelar di seluruh negara.  Selanjutnya, peti mati akan dibawa melalui pusat kota London, melewati rumah Ratu Buckingham Palace ke Wellington Arch di Hyde Park Corner.

Raja dan keluarga kerajaan kembali berjalan kaki mengikuti di belakang peti mati. Mereka berjalan sekitar 2,4 km. Saat sampai di Hyde Park Corner, The King's Troop dan Royal Horse Artillery akan menembakkan Minute Guns.

Selama prosesi ini, Big Ben akan terus berdentang. Dari sana, peti mati akan ditempatkan di mobil jenazah atau State Hearse. Selanjutnya, mobil itu membawa jenazah Ratu ke Kastil Windsor di London barat untuk layanan di Kapel St George.

Saat itu pula, lagu kebangsaan akan diperdengarkan. Dari sana, peti mati akan ditempatkan di mobil jenazah atau State Hearse.

Selanjutnya, mobil itu membawa jenazah Ratu ke Kastil Windsor di London barat untuk layanan di Kapel St George. Saat itu pula, lagu kebangsaan akan diperdengarkan.

Prosesi di Kapel St George akan diakhiri dengan mahkota, bola emas dan tongkat kerajaan yang merupakan simbol kekuasaan dan pemerintahan ratu, diangkat dari peti mati. Benda-benda tersebut lalu ditempatkan di altar.

Lord Chamberlain, pejabat paling senior di rumah tangga kerajaan, selanjutnya akan mematahkan 'tongkat jabatan'. Itu menandakan akhir dari pelayanan Ratu sebagai penguasa. Tongkat tersebut selanjutnya diletakkan di peti mati.

Peti mati Rautu Elizabeth selanjutnya dimakamkan Kapel Memorial Raja George VI bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip. Di tempat itu juga dimakamkan orang tua dan saudara perempuan Ratu , Putri Margaret.

"Kami sangat senang kamu kembali dengan Kakek. Selamat tinggal nenek tersayang. Merupakan kehormatan dalam hidup kami untuk menjadi cucu perempuanmu dan kami sangat bangga padamu," kata cucu Putri Beatrice dan Eugenie.

Artikel ini Telah tayang di iNews id dengan Judul "Urutan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth Ada 2 Menit Hening Cipta dan Pematahan Tongkat Jabatan"

https://www.inews.id/news/internasional/urutan-prosesi-pemakaman-ratu-elizabeth-ada-2-menit-hening-cipta-dan-pematahan-tongkat-jabatan/3?utm_medium=sosmed&utm_source=whatsapp

Editor : Purnawarman

Follow Berita iNews Lombok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.