Cabor Atletik Kebanggaan NTB Muhammad Zohri Raih Emas Nomor 200m Putra, Pecahkan Rekor PON 1989

Bagas Abdiel Kharis Theo/Purnawarman
Cabor Atletik Kebanggaan NTB Muhammad Zohri Raih Emas Nomor 200m Putra, Pecahkan Rekor PON 1989 . Publikasi PON Sumut-Aceh

DELI SERDANG, iNewsLombok.id - Atlet Cabang Olahraga Atletik kebanggaan Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Zohri meraih medali emas nomor 200 meter putra sekaligus memecahkan rekor PON tahun 1989 di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut. 

Zohri sukses sebagai yang tercepat di babak final yang digelar di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/9) sore WIB. Dua kali Olimpian tersebut mencatatkan waktu 20.86 detik. 

Zohri mengungguli Izrak Udjulu dari kontingen Gorontalo yang finis kedua dengan catatan waktu 21.23 detik dan berhak meraih perak. Sedangkan perunggu diraih Bayu Kertanegara dari DKI Jakarta dengan waktu 21.28 detik.

Tak hanya emas, Zohri sukses memecahkan rekor PON yang telah bertahan selama 35 tahun. Catatan waktu Zohri itu melampaui rekor PON 20.98 detik yang dicetak pada tahun 1989 atas nama Purnomo Muhammad Yudi.

Zohri mengaku bersyukur masih bisa mempersembahkan medali emas untuk kontingen NTB. Mengingat ia masih belum terlalu fit karena ada sedikit masalah dengan otot kakinya.

"Saya sebenarnya tadi nervous. Lari juga masih ditahan. Sebab, saya mengalami masalah di engkel kiri. Karena itu, saya sangat bersyukur bisa meraih hasil ini," ungkap Zohri dalam keterangan pers, Jumat (13/9/2024).

"Alhamdulillah ternyata masih bisa mempersembahkan emas. Tidak mudah, karena atlet lain juga punya tekad yang sama dengan saya untuk juga bisa meraih medali untuk daerahnya masing-masing," tambahnya 

Meski begitu, ia tetap merasa senang bisa merebut medali emas di ajang PON. Apalagi multievent olahraga terbesar di Indonesia ini digelar empat tahun sekali.

"Senang dan bangga sekali bisa kembali meraih emas karena PON ini empat tahun sekali tentunya auranya juga beda dengan kejuaraan kejuaraan lain," ungkapnya.

Hasil ini sekaligus mengulang pencapaian edisi sebelumnya yakni emas di nomor 200m putra pada PON XX Papua 2021. Selanjutnya, ia berharap bisa mempertahankan medali emas di nomor 100m seperti edisi 2021.

"Setelah ini masih ada lari 100 meter dan estafet. Semoga hasil kali ini bisa membawa dampak positif bagi saya," terangnya.

Editor : Purnawarman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network