Ajak Tiga Capres Makan Siang Bersama, Jokowi Sajikan Makanan Lawas 'Ayam Kodok'

Ashri Rahmatia
Jokowi Ajak 3 Capres Makan Siang Bersama, Senin (30/10/23).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ajak tiga  kandidat calon presiden (capres) RI Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan makan siang bersama di Instana Negara. Ada yang unik dalam sajian makan siang tersebut, yaitu menu ayam kodok.

"Menu makan siang Bapak Presiden dengan tiga capres hari ini di Istana Merdeka yaitu nasi putih, soto lamongan, ayam kodok, sapi lada hitam, bebek panggang, cumi goreng, udang goreng telur Asin, kaylan cah sapi, es laksamana mengamuk (es mangga kuini yang dicampur dengan santan dan gula) dan Jus Jeruk," tulis Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis, Senin (30/10/2023).

Ketiga kandidat terlihat kompak mengenakan batik saat menghadiri acara yang dilangsungkan pada pukul 12.30 WIB tersebut.

Menariknya, menu ayam kodok yang merupakan salah satu hidangan dalam acara tersebut menjadi sorotan lantaran ayam kodok adalah hidangan khas tempo dulu yang kini mulai jarang ditemui, bahkan hanya dapat dijumpai saat acara tertentu saja seperti perayaan keagamaan, budaya atau jamuan makan seperti yang dilakukan oleh Jokowi kepada ketiga capres tersebut.

ayam Kodok ini juga telah dikenal sejak masa Belanda atau saat zaman penjajahan. Dinamakan sebagai ayam kodok karena bentuk ayamnya yang melebar menyerupai dengan bentuk kodok karena disajikan utuh, ayam tersebut dimasak dengan cara dipanggang, di-oven ataupun dikukus. Proses memasaknya pun membutuhkan waktu yang cukup lama, misalnya saja saat di-oven Anda harus menunggu hingga 2 jam. Tujuannya, agar ayam beserta isinya matang merata.

Editor : Purnawarman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network