get app
inews
Aa Read Next : 37 WNI Nekat Berhaji Pakai ID Card Palsu, Ditangkap di Madinah

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi jadi WNI, Siap Perkuat Timnas di Kualifikasi Piala Dunia

Selasa, 17 September 2024 | 17:43 WIB
header img
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi jadi WNI, Siap Perkuat Timnas di Kualifikasi Piala Dunia. iNews.id

LOMBOK, iNewsLombok.id - Dua pesepak bola keturunan Indonesia bernama Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi akan membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Asia setelah disetujui DPR RI Komisi III dikutif dari iNews.id, Selasa (17/9/2024). 

Keputusan pemberian status kewarganegaraan itu diambil dalam rapat kerja (raker) Komisi III DPR RI bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas dan Sekjen PSSI Yunus Nusi di Gedung DPR RI, Selasa (17/9/2024). 

Sejak awal, Dito menyampaikan pertimbangan alasan mengusulkan pemberian status kewarganegaraan dua pesepak bola keturunan Indonesia kepada Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. 

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh selaku pimpinan sidang pun menanyakan segala kelengkapan berkas administratif.

"Pak Menkumham, tadi Pak Menpora susah sampaikan pertimbangan. Apakah Pak Menteri sudah memeriksa semua data, semua sudah sesuai peraturan perundang-undangan?" Pangeran bertanya.

Merespons itu, Supratman pun menyatakan, segala berkas administratif proses naturalisasi itu telah dipenuhi. "Sudah Pak lewat Direktorat Jenderal AHU," ungkap Supratman.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir berusaha keras mendaftarkan dua calon pemain naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pada laga kontra Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Ini menjadi kabar baik buat skuad Garuda.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam fase Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam laga terdekat, mereka akan berjumpa Bahrain (10/10/2024) dan China (15/10/2024).

Erick Thohir mengatakan tahapan naturalisasi Mees dan Eliano saat ini sedang digarap di DPR RI. Proses kedua pemain itu terus dikebut semua pihak agar dapat segera bisa membela Skuad Garuda.

Setelah proses di Komisi X DPR, Mees dan Eliano bakal berproses bersama di Komisi III DPR RI. Jika mendapatkan persetujuan dari Komisi X dan III, proses naturalisasi kedua akan berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara (Mensesneg) untuk mendapatkan surat keputusan dari Presiden Jokowi, lalu pengambilan sumpah dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut