get app
inews
Aa Read Next : Keluhkan Konflik Sosial Tak Tuntas,Warga Karang Taliwang Berbondong-bondong Beralih Dukungan ke AQUR

AQUR Jalani Tes Kesehatan Pertama di RSUD Kota Mataram

Minggu, 01 September 2024 | 06:08 WIB
header img
AQUR Jalani Tes Kesehatan Pertama di RSUD Kota Mataram.ist

LOMBOK, iNewsLombok.id -  Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Mataram Lalu Aria Dharma-Weis Arqurnain (AQUR) menjalani rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram pada Sabtu, (31/8/2024), paslon AQUR menjadi pasangan pertama yang menjalani tes kesehatan. Disusun pasangan H Mohan Roliskana dan TGH Mujibur Rahman (HARUM) yang dijadwalkan hari Minggu.

Pasangan AQUR datang tepat waktu sejak pukul 7.00 WITA. Keduanya, sudah matang mempersiapkan diri.  Mereka tiba di RSUD Kota Mataram sekitar pukul 06.30 Wita disambut tim dokter, KPU dan Bawaslu Kota Mataram. 

Sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan pasangan AQUR  menyatakan kesiapan mereka untuk mengikuti proses yang disyaratkan bagi semua bakal pasangan calon ini.

"Bismillah Kami akan mengikuti seluruh rangkaian yang telah ditetapkan dengan baik. Mohon doanya teman-teman sekalian," terang H  Lalu Aria Dharma. 

Aria sudah dari awal mempersiapkan diri untuk tes kesehatan. Selama ini,  tetap menjaga kebugaran dengan olahraga ringan. 

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Mataram, dr.Hj.Eka Nurhayati,  mengatakan pemeriksaan kesehatan bagi calon Kepala Daerah Kota Mataram ini berlangsung selama 10 jam.

" Selama 10 jam mereka pemeriksaan secara keseluruhan,"katanya.

untuk, tahapan pemeriksaan kesehatan terdiri dari tiga tahap, yaitu pra pemeriksaan kesehatan, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, hingga pasca pemeriksaan kesehatan.

Tahapan pra pemeriksaan terdapat dua fase, persiapan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU serta kandidat dan registrasi pemeriksaan kesehatan.
Adapun pada tahap pelaksanaan pemeriksaan kesehatan juga terdiri dari dua fase, yaitu jenis dan lama pemeriksaan serta kriteria gangguan kesehatan. 
Sementara tahap pasca pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, kandidat diberitahu ihwal kemungkinan adanya pemeriksaan lanjutan atau tidak.

Adapun tahapan pemeriksaan kesehatan diatur dalam diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024. 

Ketua KPUD Kota Mataram Edy Putrawan mengatakan, pemeriksaan kesehatan sesuai dengan pendaftaran pertama dilakukan sesuai dengan tahapan.

"Yang pertama AQUR dan kedua HARUm, sesuai dengan pendaftaran pada hari terakhir Kamis (29/8/2024). Tim medis dari RSUD Kota Mataram sudah matang mempersiapkan,"terangnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut