get app
inews
Aa Read Next : KPU NTB: Berkas Pendaftaran Zul-Uhel dan Rohmi-Firin Lengkap

5 Berita Populer:Survei LSI di Pilbup Lotim 2024 hingga PRESiSI: 3 Paslon di Pilgub NTB Masih Sengit

Jum'at, 26 Juli 2024 | 13:22 WIB
header img
5 Berita Populer:Survei LSI di Pilbup Lotim 2024 hingga PRESiSI: 3 Paslon di Pilgub NTB Masih Sengit. Tangkapan Layar

LOMBOK, iNewsLombok.id - Peneliti Senior  Lembaga Survei Indonesia (LSI) Muhammad Akib, merilis hasil temuannya di pemilihan bupati lombok timur yang dilakukan 9-13 Juli 2024. Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati H Khairul Warisin-Edwin (Iron-Edwin) 35,4 persen unggul di survei LSI dan diposisi puncak di banyang-bayangi Muhammad Lutfi-Abdul Wahid (Lutfi-Wahid) 24,7 persen Rumaksi-Jihadi.

Berita Populer lainnya Peneliti PRESiSI: 3 Paslon di Pilgub NTB Masih Sengit Rebut Partai, Zul-Uhel Pisah sudah Diprediksi. Berikut rangkuman berita populer iNewsLombok.id pada Jumat (26/7/2024).

1. Survei LSI di Pilkada Lotim:Iron-Edwin 35,4%, Lutfi-Wahid 24,7%,Rumaksi-Jihad 6,4%,Hazmi-Satria 2,8%

Peneliti Senior  Lembaga Survei Indonesia (LSI) Muhammad Akib merilis hasil temuannya di pemilihan bupati lombok timur yang dilakukan 9-13 Juli 2024. Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati H Khairul Warisin-Edwin (Iron-Edwin) 35,4 persen menjadi top of mine diposisi puncak di banyang-bayangi Muhammad Lutfi-Abdul Wahid (Lutfi-Wahid) 24,7 persen Rumaksi-Jihadi.

LSI juga menguji pasangan kandidat atau potensial pasangan kandidat yang telah muncul di media online dan masyarakat. Dalam simulasi pasangan kandidat, Haji Iron yang kabarnya akan berpasangan dengan Edwin Hadiwijaya tetap teratas dengan perolehan 35,4 persen. Kemudian disusul pasangan Muhammad Syamsul Luthfi-Abdul Wahid dengan angka 24,7 persen. 

Pada urutan ketiga dan seterusnya ada Rumaksi-Amrul Jihadi 6,8 persen, TGH Hazmi Hamzar-Lalu Satriadi 2,8 persen, Suryadi Jaya Purnama-Nasruddin 1,1 persen, Tanwirul Anhar-Daeng Parori 1,0 persen. Sementara itu undecided voters atau pemilih yang belum memutuskan sebesar 28,3 persen.

2. Peneliti PRESiSI: 3 Paslon di Pilgub NTB Masih Sengit Rebut Partai, Zul-Uhel Pisah sudah Diprediksi

Peneliti sekaligus Direktur Eksekutif PRESiSI, Darwan Samurdja menerangkan bahwa memprediksi bahwa Calon Gubernur (Cagub) dan Calon wakil gubernur (Cawagub) di Pilgub NTB 2024 akan head to head terlalu keras karena akan membatasi calon lain agar tidak bisa maju. Sebaliknya menurutnya masih akan ada tiga pasangan yang akan bersaing sengit di pilgub nanti karena semua masih dinamis sampai dengan akhir juli dan awal agustus mendatang.

Zulkieflimansyah dan Suhaili (Zul-Uhel) sudah diprediksinya sejak lama akan berpisah bila Golkar tidak mendukung. Sebaliknya akan beralih ke Lalu Muhammad Iqbal-Indah Damayanti Putri (Iqbal-Dinda).

3. Rohmi-Firin dapat Lampu Hijau di Pilgub NTB dari Cak Imin

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj Sitti Rohmi Djalilah dapat lampu hijau dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) untuk memberi dukungan kepada bacagub yang diusung Partai Perindo di Pilkada 2024. Hal itu diutarakan Cak Imin usai menerima kunjungan elite Perindo di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024) dikutip dari iNews.id.

Cak Imin menyebut, pihaknya akan membahas lebih dalam Rohmi untuk diusung di Pilkada NTB 2024. Pria yang akrab disapa Gus Imin itu pun menyambut baik atas pengusungan Rohmi oleh Perindo di Pilkada NTB 2024.

4. Malam ini Ketua Umum PPP Rencana Berikan SK Cagub NTB,Muzihir: InsyaAllah 99,9 Persen ke Iqbal-Dinda

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nusa Tenggara Barat (NTB) H Muzihir menegaskan bahwa malam ini Ketua Umum akan menyerahkan SK B1KWK ke calon gubernur yang akan diusung di pemilihan kepala daerah di NTB 2024.

"Insya Allah malam ini akan diserahkan SK ke calon Gubenur, sedang menunggu Ketua Umum sedang melayat meninggalnya Wapres Hamzah Haz, kalau beliau ke DPP langsung akan diserahkan, tunggu saja,"ungkap Muzihir, Rabu (24/7/2024) yang saat ini masih berada di Jakarta.

5. Rohmi Pede Menang Pilgub NTB jika Didukung PKB

Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Nusa Tenggara Barat (NTB), Doktor Hj Sitti Rohmi Djalilah semakin percaya diri  memenangkan Pilgub NTB 2024 bila bersama PKB dikutip dari iNews.id, Rabu (24/7/2024). Hal itu diutarakan Rohmi usai menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat.

Rohmi diketahui telah diusung Partai Perindo maju di Pilgub NTB. Dalam agenda silaturahmi itu, Rohmi didampingi Ketua Harian Nasional sekaligus Ketua Desk Pilkada Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo bersama jajaran lainnya.

Editor : Purnawarman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut